3000 Ribu Penyelam Bakal Penuhi Laut Manado, Ini Himbauan LMND Sulut

0
30
Septian Paath, Ketua LMND Eksekutif Wilayah Sulut (kedua dari kiri).
Septian Paath, Ketua LMND Eksekutif Wilayah Sulut (kedua dari kiri).

CINTASULUT.COM,- Usaha pemecahan tiga rekor dunia yang akan diselenggarakan di laut Kota Manado, Sulawesi Utara selama tiga hari yakni 1-3 Agustus 2019 mendapat dukungan penuh dari tiap pihak, termasuk Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Sulawesi Utara (Sulut).
Namun demikian terdapat harapan dan himbauan dari LMND Sulut terkait kegiatan selam yang rencananya menyertakan sekitar 3000 penyelam.
Seperti dikatakan Septian Paath, Ketua LMND Eksekutif Wilayah Sulut saat diwawancarai sejumlah awak media di salah satu restoran di Kawasan Megamass, Selasa (30/7/2019) kemarin malam.
Menurut Septian, kegiatan selam tersebut akan memberikan dampak positif secara langsung kepada masyarakat.
“Kami sangat mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini sektor pariwisata dan sebagainya dapat kena langsung kepada masyarakat terutama kelas ekonomi menengah ke bawah,” ujar dia yang sebelumnya juga memberikan apresiasi terhadap WASI.
Namun demikian dirinya tak menampik bila kegiatan selam yang melibatkan ribuan penyelam tersebut bakal mengancam ekosistem yang ada di dasar laut seperi terumbu karang.
“Tentunya ada dampak positif dan negatifnya, perlu diminimalisir (dampak negatifnya). Jangan sampai keindahan terumbu karang dan keindahan alam yang diberikan Tuhan ini terganggu,” imbau Septian.
Dan, terkait akan adanya tumpukan sampah karena banyaknya pengunjung di kegiatan selam nanti, Septian menegaskan agar panitia penyelenggara wajib memperhatikan dan mengantisipasi.
“Soal sampah, selain kesadaran dari masyarakat pengunjung, sangat diperlukan harus ada usaha-usaha preventif dari panitia. Harus mensiasati dan dilakukan sosialisasi,” ungkap dia.
Tak lupa pula Septian memberikan himbauan agar menghadapi iven besar harus ada perhatian Pemerintah Kota Manado.
“Harapan kami perlu pemerintah berbenah diri. Setidaknya mempersiapkan dan meningkatkan, misalnya infrastuktur, destinasi-destinasi yang ada dimaksimalkan,” tandasnya.
Untuk diketahui, Wanita Selam Indonesia (WASI) pimpinan ibu Tri Suswati Karnavian, rencananya akan memecahkan tiga rekor dunia selam. Organisasi di bawah POSSI ini, akan memecahkan rekor penyelaman massal bertarget 3.000 penyelam, rantai manusia terpanjang dalam air, dan pembentangan bendera terluas di dunia.* (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY