Akses Jalan Suluun-Timbukar Rusak Berat, Warga Lapi Kesulitan ke Rumah Sakit Tomohon

Runtuwene: Tiga pemerintah harus berkoordinasi

0
113
Reses Felly E. Runtuwene, anggota DPRD Sulut dari Dapil Minsel-Mitra.
Reses Felly E. Runtuwene, anggota DPRD Sulut dari Dapil Minsel-Mitra.

CINTASULUT.COM,- Felly E. Runtuwene, SE, Selasa (13/12/2016) kemarin lakukan reses ke-III di Desa Lapi Barat Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan. Saat reses berlangsung, warga mengeluhkan terkait akses jalan menuju Kota Tomohon yaitu Suluun-Timbukar yang kondisinya sedang rusak berat. Padahal, sudah pernah dilakukan perbaikan tetapi tak butuh waktu lama kembali rusak. Apalagi, akses jalan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat terutama menuju Rumah Sakit di Tomohon.
“Kami sangat kesulitan, apalagi saat akan mengantar orang sakit ke Tomohon. Rumah sakit Tomohon kan dekat dari sini (Desa Lapi),” ujar Lexi Walangitan, warga Suluun 3 yang juga mantan kumtua (kepala desa, red) ini.
Bukan hanya itu, pemuda/pemudi yang sedang menempuh pendidikan di bangku kuliah di UNIMA dan UKIT pun kesulitan bila melewati jalan tersebut. “Jadi, kami harap ada perhatian dari pemerintah, baik di provinsi ataupun kabupaten/kota. Tolong diperbaiki dan dilakukan pelebaran jalan,” tambah dia.
Adapula akses jalan Kecamatan Suluun dan Kecamatan Tareran yang dalam kondisi longsor. “Kalau dibiarkan akan putus,” ungkap dia.

Suasana reses Felly E. Runtuwene, anggota DPRD Sulut dari Dapil Minsel-Mitra di Desa Lapi Barat, Kec. Tareran, Minsel.
Suasana reses Felly E. Runtuwene, anggota DPRD Sulut dari Dapil Minsel-Mitra di Desa Lapi Barat, Kec. Tareran, Minsel.

Menanggapi itu, Runtuwene, Legislator yang sudah dua periode duduk di kursi dewan provinsi ini mengatakan, hal ini wajib diperhatikan pemerintah karena menyangkut kepentingan orang banyak. “Tiga pemerintah harus berkoordinasi yaitu Pemerintah Kabupaten Minsel, Kabupaten Minahasa, dan Kota Tomohon untuk akses jalan tersebut. Ini melibatkan tiga wilayah sekaligus,” tutur dia didampingi Kumtua Stenly R. Maun l, seraya menambahkan bila aspirasi ini akan disampaikan ke pemerintah terkait juga di provinsi.
Tidak hanya akses jalan yang jadi aspirasi warga Lapi Barat.  Irigasi, air bersih, bantuan pupuk, traktor, bibit tanaman, lapangan pekerjaan, pemanfaatan cap tikus, bahkan usulan adanya rumah sakit sendiri di Minsel pun diungkapkan warga di reses.
Sebelumnya sudah dilakukan reses pada hari yang sama di Desa Lelema Kecamatan Tumpaan.* (jane)

==========

Tulisan lain:

LEAVE A REPLY