Amir Liputo Usul, Tiap Kabupaten/Kota di Sulut Bangun Rumah Singgah Guna Penanggulangan Covid-19

0
27
Amir Liputo
Amir Liputo

CINTASULUT.COM,- Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Amir Liputo mengusulkan agar di setiap Kabupaten/Kota di Provinsi Sulut bangun Rumah Singgah guna memutus mata rantai berkembangnya Covid-19. Hal ini disampaikan Liputo saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut digelar, Selasa (2/6/2020) siang di ruang rapat Komisi III DPRD Sulut.
“Sebaiknya setiap kabupaten/kota dibangun rumah singgah. Kalau ditengarai ada yang reaktif bisa dikarantina biar tidak menularkan. Kalau tidak ditangani secara koordinatif antara provinsi dan kabupaten/kota, akan kewalahan,” tutur Liputo di hadapan Kepala BPBD Sulut, Joy Oroh yang juga sebagai Sekretaris Satgas Covid Provinsi Sulut.
Lagi disampaikan Liputo, dengan adanya Rumah Singgah di tiap Kabupaten/Kota bisa mengantisipasi daya tampung orang yang dikarantina di Kota Manado.
“Kan bila KTP-nya di kabupaten/kota lain bisa ditempatkan di wilayah itu sesuai yang tercantum di KTP,” tutur Liputo.
Di samping itu menurut Liputo, bukan hanya sekedar mengadakan Rumah Singgah, semua yang dibutuhkan saat dilakukannya karantina wajib memperhatikan makan/minum, obat dan vitamin.
“APBD kan lagi susah. Nah, kalau tidak ada koordinasi kan jadi masalah. Untuk itu, kalau bisa seluruh kabupaten/kota harus punya Rumah Singgah,” ungkap dia.
Liputo pun menyentil terkait perlu adanya transparansi pihak Rumah Sakit terkait Covid-19.* (jane)

LEAVE A REPLY