Bupati Bolmong Benarkan Dugaan Jems Tuuk, Sungai Ongkag Tercemar Limbah Beracun

0
108
Yasti Soepredjo Mokoagouw, Bupati Bolaang Mongondouw (kiri), Julius Jems Tuul (kanan).
Yasti Soepredjo Mokoagouw, Bupati Bolaang Mongondouw (kiri), Julius Jems Tuul (kanan).

CINTASULUT.COM,- Jems Tuuk, Legislator DPRD Sulut menduga bahwa sungai Ongkag di Kabupaten Bolaang Mongondow sudah tercemar yang mengakibatkan rusaknya ekosistem sungai, termasuk banyaknya ikan yang mati. Dugaan legislator dua periode ini ditanggapi serius Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Yasti Soeprejo Mokoagouw.
Saat diwawancarai sejumlah awak media di sela pelaksanaan Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah Fransiscus Silangen sebagai Ketua DPRD Sulut menggantikan Andrei Angouw yang akan bertarung di Pilwako Manado, 9 Desember 2020 mendatang, Bupati Bolmong pun membenarkan dugaan sungai tersebut sudah tercemar.
“Kami lewat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bolmong selalu melakukan tes terkait limbah beracun, terbukti itu memang ada dan sudah kami laporkan, ” tutur Bupati, Senin (26/10/2020) seraya menambahkan bahwa terjadinya pencemaran limbah beracun karena adanya penambangan.

Kondisi Sungai Ongkag
Kondisi Sungai Ongkag

Namun demikian untuk pembuktian lebih lanjut apakah benar akibat penambangan yang ada dikatakan Yasti nanti ada tindak lanjut dari petugas yang berwenang.
“Karena berbicara penambangan itu di luar kewenangan kami, ” tandas Bupati.
Sebelumnya secara terpisah, Jems Tuuk yang diwawancarai wartawan menghimbau agar pihak Kepolisian segera mengusut kejadian tersebut.
“Jika kematian ikan disebabkan oleh alam sendiri, tidak apa-apa, namun jika ada tangan-tangan nakal yang sudah merusak ekosistem sungai saya meminta kepada Polres Dumoga Timur dan Kapolsek Bolmong untuk menindak pelaku,” tegas Tuuk.* (jane)

LEAVE A REPLY