Butuh Fakta, Komisi I Sambangi Gedung Baru Deprov Sulut

0
76
Komisi I DPRD Sulut meninjau pembangunan gedung baru DPRD Sulut.
Komisi I DPRD Sulut meninjau pembangunan gedung baru DPRD Sulut.

CINTASULUT.COM,- Saat hearing dengan Sekretariat Dewan beberapa waktu lalu, Komisi I bidang Pemerintahan dan HAM DPRD Sulut memperoleh informasi bahwa proses pengerjaan gedung baru Deprov sudah 70 persen, dan bahkan dipastikan selesai 16 Desember 2016 mendatang.  Untuk memastikannya, Komisi I dipimpin langsung Ketua Komisi Ferdinand Mewengkang melakukan peninjauan ke gedung yang berlokasi di Kairagi Tiram tersebut.

Dikatakan Mewengkang, Komisi I wajib melihat secara langsung proses pembangunan gedung baru Deprov,  Meski Sekretariat Dewan (Sekwan) adalah mitra kerja, namun fungsi kontrol sebagai legislator harus terus berlangsung.

“Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Setwan mengelola anggaran di Deprov. Sebagai mitra kerja kita perlu mengamati dan melihat hasil kerja,” ujar Legislator dari dapil Manado ini, yang diiyakan anggota komisi lain yaitu Julius Jems Tuuk, Jenny Mumek dan Netty Agnes Pantouw, Rabu (12/10/2016).

Ditambahkannya pula, keterbukaan adalah hal penting.  Dan sebagai mitra kerja, sekretariat dewan di bawah kepemimpinan Bartolomeus Mononutu sudah memberikan laporan yang sesuai.  “Setelah kami meninjau lapangan, apa yang diharapkan telah berjalan dengan baik,” terang dia.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Sulut, Bartolomeus Mononutu saat ditanyai sejumlah wartawan mengatakan, tahun 2016 gedung baru Deprov Sulut akan selesai pekerjaan fisiknya. Dan tahun 2017, akan pindah kantor.

“Mungkin sekitar bulan Maret atau April kita akan berkantor di gedung baru. Untuk pekerjaan fisik, saat ini sudah mencapai 70 persen,” ungkap Sekwan.

Sedangkan untuk pengadaan meubeler, Mononutu mengungkapkan bahwa, pihaknya masih sementara menghitung lagi berapa anggaran yang akan dipergunakan.
“Kita akan melihat lagi di KUA PPAS, karena masih sementara menghitung,” ujar Mononutu sembari menambahkan bahwa pihaknya untuk sementara ini fokus pada kebutuhan yang ada di dalam ruangan seperti meubeler dan sebagainya.

Saat tinjau lokasi kemarin, Sekretaris Dewan turut didampingi Kepala Bagian Umum, Lucky Sondakh bersama Kasub, Kabag Keuangan, C.Pangau, Kabag Humas, T.Sundah juga jajaran staf sekretariat yang lain.

Seperti diketahui, gedung baru DPRD Sulut dibangun di atas lahan seluas 6,6 hektar.  Bangunan berlantai 3, tinggi 14 meter, dan luas lantai 11,650 meter per segi  itu rencananya akan dilengkapi berbagai fasilitas untuk mendukung kinerja anggota dewan.  Termasuk satu ruangan kerja untuk tiap anggota dewan.

Pembangunannya dilakukan secara multi year, dimulai dari tahun anggaran 2013 hingga 2016 dengan total anggaran Rp75-miliar.  Dalam tahun 2016 ini anggarannya berbandrol Rp28 miliar, tetapi hasil lelang tender dikontrak menjadi Rp26 miliar lebih.* (jane)

LEAVE A REPLY