Data Bawaslu Sulut 33.041 Rumah Tidak Dicoklit di Manado, Subaer Minta Data By Name By Address

0
21
Komisioner KPU Manado, Abdul Gafur Subaer.
Komisioner KPU Manado, Abdul Gafur Subaer.

CINTASULUT.COM,- Hasil pengawasan tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Bawaslu Sulut, dimana jumlah rumah yang akan dicoklit hasil koordinasi dengan PPS/PPDP di Manado yakni 128.884 dan rumah yang tidak dicoklit oleh PPDP adalah 33.041 ditanggapi oleh Komisioner KPU Manado, Abdul Gafur Subaer, Ketua Divisi Data.
Menurutnya, ini hasil rekom yang hanya menjadi berita. “Mendapatkan hasil rekom tertulisnya dari Bawaslu Manado sampai hari ini kami tidak dapatkan. Ini hanya jadi berita yang diekspos di media,” tutur Subaer menjawab pertanyaan sejumlah awak media, Jumat (21/8/2020) usai dilaksanakannya rapat koordinasi penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran bersama Panitia Kecamatan (PPK) dan stakeholder yang diselengarakan di Hotel Sintesa Peninsula Manado.
Lanjut dikatakan Subaer, KPU Manado sudah membalas surat rekom yang pertama dari Bawaslu RI.
“Terkait data by name by address yang turun di kami. Kami sudah memfaktual pada tanggal 18-19 Agustus di Bawaslu RI. Kami dapat 39 kelurahan di Kota Manado sebanyak 136 pemilih yang direkomendasikan. Kami sudah tindaklanjuti per kemarin sampai tadi malam. Sudah kami kirimkan hasilnya ke KPU Provinsi Sulut, KPU RI,” ungkap dia.
Namun terkait temuan Bawaslu tersebut, dimana hingga ribuan rumah yang tidak dicoklit, Subaer minta data lengkap.
“By name by address. Kami penyelenggara bekerja sesuai data. Data real bukan hanya main memberitakan, ini perlu pembuktian-pembuktian. Kalau by name by address kami akan langsung tindaklanjuti, tidak mungkin kami tidak tindaklanjuti,” tandas Subaer.* (jane)

LEAVE A REPLY