Di Reses Jems Tuuk Terungkap SMK Negeri Sangtombolang Memprihatinkan

0
76
Anggota DPRD Sulut Julius Jems Tuuk mengadakan reses I tahun 2019 di Sangtombolang, Bolmong, Selasa (9/4/2019).
Anggota DPRD Sulut Julius Jems Tuuk mengadakan reses I tahun 2019 di Sangtombolang, Bolmong, Selasa (9/4/2019).

CINTASULUT.COM,- Dunia pendidikan memang harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, baik pusat maupun daerah. Mencerdaskan kehidupan bangsa belum sepenuhnya bisa dicapai apabila tidak ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai. Apalagi, bila tidak ditunjang dengan tenaga pendidik yang cukup.
Seperti yang dialami SMK Negeri Sangtombolang di Kabupaten Bolaang Mongondow. Kondisi sekolah yang halamannya seperti kobong pece (kebun sawah, red) dan kurangnya tenaga guru, dimana hanya terdapat 25 guru yakni 3 ASN, 15 tenaga honor dan tujuh THL.
Sementara, untuk menampung 183 siswa hanya terdapat dua ruangan kelas dan dua ruangan laboratorium.
“Mohon penambahan ASN, THL, Guru honor dan tata usaha. Sekolah ini juga ada lima jurusan. Tolong perhatikan penambahan ruang kelas dan tenaga guru,” tutur Rensi Bau, salah satu guru SMK N Sangtombolang di reses Anggota DPRD Provinsi Sulut, Ir. Julius Jems Tuuk, Selasa (9/4/2019) sore di Desa Ayong Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow.
Lanjut dikatakan Bau, agar diperhatikan guru honor di SMK Negeri tersebut.
“Apalagi mereka sudah mengabdi sekian tahun lamanya,” ucap dia.
Lebih lagi, tambah Bau, tidak adanya pagar di sekeliling sekolah membuat guru-guru kesulitan mengawas para siswa.
“Yang sangat mendesak adalah pemagaran, agar supaya siswa bisa terkoordinir,” tandas dia seraya mengulang bila halaman SMK N Sangtombolang seperti ‘kebun pece’.

Puluhan warga Sangtombolang Bolmong menghadiri reses Anggota DPRD Sulut Julius Jems Tuuk.
Puluhan warga Sangtombolang Bolmong menghadiri reses Anggota DPRD Sulut Julius Jems Tuuk.

Menanggapi itu, Jems Tuuk meminta agar untuk tujuh honorer dibuatkan surat untuk diserahkan ke dinas terkait.
“Dalam hal ini Dinas Pendidikan Provinsi dan Badan Kepegawaian Daerah. Sedangan untuk aspirasi lain dibuatkan proposal dan akan saya lanjutkan ke pemerintah provinsi,” ucap Tuuk yang tiga kali berturut-turut dinobatkan sebagai Anggota Dewan Terbaik oleh Forum Wartawan DPRD Sulut (FORWARD) dan meraih FORWARD AWARD.
Di reses itu juga Tuuk disuguhkan sejumlah aspirasi lainnya seperti, bantuan katinting dan jaring, hand traktor, normalisasi sungai, dan lahan tinggal untuk masyarakat.* (jane)

==========
Tulisan lain:
[archives limit=12

LEAVE A REPLY