DISNAKERTRANS Sulut Gelar Kegiatan Seleksi Calon Kompetitor ASC XIII 2019

0
13
Kepala Dinas DISNASKERTRANS Sulut, Ir. Erny Tumundo, M.Si
Kepala Dinas DISNASKERTRANS Sulut, Ir. Erny Tumundo, M.Si

CINTASULUT.COM,- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DISNAKERTRANS) Provinsi Sulawesi Utara, hari ini menggelar kegiatan seleksi daerah calon kompetitor ASEAN Skill Competition (ASC) XIII tahun 2019.
Rencananya, kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari yakni mulai tanggal 18 hingga 20 Juni 2019.
Dikonfirmasi kepada Kepala Dinas DISNAKERTRANS Sulut, Ir. Erny Tumundo, M.Si lewat Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja (Latpenta), Lucky Taju pun membenarkan.
“Iya, kegiatan ini akan digelar mulai tanggal 18 hingga 20 Juni. Dan, acara pembukaan akan digelar di sini (kantor DISNAKERTRANS Sulut),” tutur Taju kepada sejumlah awak media, Senin (17/6/2019) siang di ruang kerjannya.
Lebih lanjut dikatakan Taju, rencananya kegiatan tersebut akan dibuka langsung oleh Sekertaris Provinsi Sulut (Sekprov) Edwin Silangen.
“Mungkin Pak Sekprov, tapi lihat saja besok (hari ini, red) bagaimana,” ujarnya.
Dijelaskan Tuju, kegiatan ASC sudah menjadi agenda tahunan.
“Setiap tahun dilaksanakan,” ungkap dia.
Dirinya pun mengungkapkan, maksud kegiatan tersebut adalah melakukan seleksi atau penilaian dengan menggunakan standar tertentu, untuk mendapatkan calon kompetitor ASC terbaik di Sulut agar dipanggil mengikuti seleksi nasional.
“Dan tujuannya, mendorong atau memotivasi tenaga kerja agar selalu meningkatkan kompetensi sesuai bidangnya, agar dapat bersaing dalam memasukki dunia kerja,” paparnya.
Ditambahkan Taju, untuk pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai panitia dan tim teknis adalah pegawai DISNAKERTRANS Sulut, sementara penyelia yaitu pejabat Ditjen Binalattas Kemenaker RI.
Dan tiap kejuruan terdapat satu juri Expert yang ditunjuk Ditjen Binalattas Kemenaker RI dan dua juri daerah yakni lembaga pendidikan dan dunia usaha yang ditunjuk oleh DISNAKERTRANS Sulut,” terang Taju.
Sedangkan pembiayaan kegiatan itu terang Taju, dibebankan pada DIPA program peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas (PKTKP) Tahun 2019 DISNAKERTRANS Sulut.
Adapun jumlah peserta seleksi calon kompetitor ASC XIII tahun 2019 sebanyak 50 orang.
Electrical Installation, Automobile Thecnologi, IT Network System Administration, Restaurant Service, Cooking masing-masing 10 orang,” tandas Taju.* (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY