Dorong Pengembangan Pariwisata di Sulut, Braien Cs Push Anggaran Berbandrol Rp773,71 Miliar di Kementerian Pariwisata

0
21
Ketua Komisi IV DPRD Sulut Baien Waworuntu saat jumpa pers dengan wartawan.
Ketua Komisi IV DPRD Sulut Braien Waworuntu saat jumpa pers dengan wartawan.

CINTASULUT.COM,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut melalui Komisi IV Bidang Kesejahteraan Rakyat (KESRA) yang diketuai Braein Waworuntu tak main-main soal pengembangan pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Apalagi, ini juga merupakan program andalan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sekaligus target dari Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, Olly Dondokambey-Steven Kandouw.
Untuk itu dalam memperjuangkan pariwisata Sulut, Komisi IV menyambangi Kementrian Pariwisata, Rabu (23/10) 2019. Adapun dikatakan Waworuntu saat diwawancarai sejumlah awak media, Senin (28/10/2019) kemarin, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang Kabupaten Minahasa Utara ditetapkan menjadi destinasi wisata super prioritas oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.
“KEK ini digadang-gadang mampu mendatangkan kunjungan wisatawan setiap tahun,” tutur Politisi dari Partai Nasdem ini.
Dalam pertemuan itu, lanjut Waworuntu, Pemerintah Pusat telah menyiapkan dukungan anggaran dari Kementerian dan Lembaga untuk destinasi super prioritas pada tahun 2020 sebesar Rp773,71 miliar.
“Untuk itu Pemerintah Pusat akan membenahi infrastruktur pelabuhan yang ada di sekitar kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang dengan anggaran sebesar 100 miliar,” ungkap dia.
Masih oleh Waworuntu, proses Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang merupakan yang tercepat.
“Hanya tujuh bulan yang biasanya memakan waktu 1,5 tahun,” tambah Waworuntu.
Ditambahkan juga, srlain itu pemerintah mendukung pengembangan infrastruktur pendukung lainnya seperti jalan dan bandara yang landasannya diperpanjang hingga 2899 meter untuk penerbangan internasional.
Untuk diketahui, Komisi IV yang berkunjungan di Kementrian Pariwisata yakni, Ketua Komisi IV Braien Waworuntu, Wakil Ketua Komisi IV Careig Runtu, Sekretaris Fransiskus Silangen, Melisa Gerungan dan Fanny Legoh.* (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY