DPRD Sulut Buat Terobosan Baru, Segera Siapkan Elektronik Aspirasi untuk Masyarakat

0
7

SAVE_20210408_065356

CINTASULUT.COM,- Masa pandemi COVID-19 masih melanda, untuk itu dibutuhkan sistem baru agar aktifitas tidak terhambat. Begitu pula dengan DPRD Sulut. Masa pandemi COVID-19 ini membuat ruang gerak masyarakat dan Anggota Dewan terkait penyampaian dan penyerapan aspirasi terbatas.
Mengatasi kendala tersebut, DPRD membuat gebrakan dengan membuat Elektronik Aspirasi.
Itupun disampaikan juga oleh Wakil Ketua DPRD Sulut, Victor Mailangkay.
“Ini sudah diputuskan di rapat DPRD bersama Pimpinan Fraksi, yang dipimpin Ketua DPRD Sulut, Fransiscus Andi Silangen,” ujar Mailangkay saat diwawancarai sejumlah awak media usai reses di Kelurahan Mahakeret Barat, Rabu (7/4/2021) kemarin.
Masih oleh Mailangkay, akan segera menggulirkan Elektronik Aspirasi.
“Sehingga rakyat tidak perlu sibuk-sibuk datang di kantor DPRD. Yang penting substansinya diserap oleh dewan,” kata Politisi dari Partai Nasdem ini.
Lanjut Mailangkay, melalui Elektronik Aspirasi ini, kita bisa melakukan tatap muka secara virtual.
“Jadi biar di tempat yang berbeda, kita bisa berdialog untuk menyerap dan memahami aspirasi itu untuk diperjuangkan dalam batas-batas kewenangan dewan,” ungkapnya.
Ditanya kapan Elektronik Aspirasi direalisasi jawab Mailangkay, “Kalau Ketua Dewan berkeinginan, pada APBD Perubahan ini sudah tertata dananya. Sehingga dalam tahun ini, sudah bisa terlaksana suatu sistem elektronik aspirasi.
Ditanyakan oleh wartawan apakah bisa di Masa Reses 3? Mailangkay berujar, “Mungkin itu. Ketika sudah ditata di APBD, maka itu akan dioptimalkan pelaksanaannya.
Jadi, tambah Mailangkay, nanti masyarakat dalam menyampaikan aspirasi bisadatang langsung ke kantor DPRD Sulut, boleh juga tidak.
“Tapi aspirasinya bisa tetap jalan. Kita juga bisa hitung dan cek sejauh mana aspirasi ini bisa jalan. Sudah di tingkat mana proses aspirasinya, rakyat juga bisa mengontrol langsung. Semuanya serba transparan,” tandas Mailangkay.* (Jane)

SHARE

LEAVE A REPLY