Elpiji 3 Kg Langka, Mangumbahang Tegaskan Tindak Oknum Mafia

0
13
Ferdinand Mangumbahang, ST (Anggota DPRD Sulut).
Ferdinand Mangumbahang, ST (Anggota DPRD Sulut).

CINTASULUT.COM,- Memasuki hari besar keagamaan umat Kristiani yaitu Natal dan Tahun Baru, gas elpiji ukuran 3 kilogram mulai langka. Masyarakat pun mengeluh atas sulitnya menemukan tabung hijau tersebut. Menanggapi ini, Ferdinand Mangumbahang, ST dengan tegas mengatakan agar pemerintah dan aparat hukum menindak oknum mafia pelaku terjadinya kelangkaan gas ukuran 3 kilogram di masyarakat.
Selama ini dipandangnya, langkah hukum belum benar-benar ditegakkan bagi para mafia Elpiji.
“Ketika pasar sudah bergerak naik mereka kemudian melepas (elpiji, red). Ini hal biasa terjadi. Kalau memang ada perusahaan yang seperti itu harus ditindak tegas. Kalau dengan sengaja merugikan itu kan pidana,” tegas Mangumbahang, Senin (4/12/2017), di ruang kerjanya.
Selama ini di Sulut, menurut Manumbahang, penegasannya tidak seperti tempat-tempat lain yang jika ditemukan langsung diproses hukum. Makanya, di Sulut harapannya bisa mengikuti daerah lain yang sangat tegas terkait masalah ini. Kalau memang ditemukan ada penampung maka selayaknya diproses hukum supaya ada efek jera.
Ditambahkan pula, seandainya di lapangan memang terjadi kelangkaan maka pihaknya harus mengundang Pertamina secara langsung untuk membicarakan persoalan itu.
“Memang kami belum turun lapangan justru. Gampang saja kalau menyeldiki ini, minta saja data kepada agennya. Dicari informasi juga dari masyarakat bisa ketahuan. Tapi yang menjadi pertanyaan, mau tidak membuat sistem seperti itu. Termasuk dari Pertamina, mau tidak mengeluarkan data-data mereka,” sambungnya.
Ia mengkritisi oknum-oknum yang menaikkan harga secara sepihak. Masalah itu tidak hanya menimpa elpiji melainkan pula bahan pokok lainnya.
“Jangan sampai ini sudah mau dekat hari raya, ada permainan dari oknum yang kemudian menampung dan ada yang sepihak tiba-tiba menaikkan harga. Akhirnya nanti, biasanya merayakan Natal dibuat 3 atau 4 toples, ini hanya bisa jadi satu toples. Himbauan kami sebaiknya jangan menaikkan secara sepihak,” tutupnya.* (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY