Gubernur Olly Dondokambey Panen Perdana Jagung di Kolongan, Minut

0
4
Gubernur Olly Dondokambey panen jagung di Minut.
Gubernur Olly Dondokambey panen jagung di Minut.

CINTASULUT.COM,- Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Provinsi Sulut menggelar Gerakan Panen Jagung bersama petani/kelompok tani dan pemerintah, Selasa (11/2/2020). Kegiatan yang digelar dalam rangka mengoptimalkan program operasi daerah selesaikan kemiskinan (ODSK) ini berlangsung di Desa Kolongan, Kabupaten Minahasa Utara (Minut).
Pada kesempatan itu Gubernur Olly Dondokambey didampingi Anggota DPRD Sulut, Wenny Lumentut, Ketua DPRD Minut Denny Lolong, dan Kadis Pertanian Peternakan Novly Wowiling. ikut ikut panen perdana jagung
Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan program pemerintah pusat melalui Kementan RI ini sudah terbukti dan bisa dirasakan masyarakat lebih khusus petani pertanian.
“Karena pada tahun 2019, pemerintah pusat telah memberikan bantuan untuk program jagung itu ada sekitar 30 ribu hektar. Keberhasilan ini kita mendapatkan kanaikan bantuan lagi pada tahun 2020 ini sekitar 50 ribu hektar untuk perluasan tanaman jagung di bumi nyiur melambai Sulut,” kata Gubernur Olly.
Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Kadistanak) Sulut, Novly Wowiling dalam sambutan mengatakan bahwa produksi jagung selama tahun mencapai 1,2 juta ton.
“Puji Tuhan atas dorongan pak Gubernur torang capai produksi empat tahun sebagaimana ditargetkan. Tembus 1,2 juta ton untuk memenhui kebutuhan lokal dan antarprovinsi,” terang Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Novly Wowiling saat bawakan sambutannya.
Dikatakan Wowiling, hasil jagung yang diusahakan para kelompok tani ini merupakan kerja sama sama Dinas Pertanian dan Peternakan dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulut.
“Untuk lahan di sini yang ditanam adalah Jagung varitas lokal yang dihasilkan anak bangsa,” ungkap Wowiling.
Dalam acara tersebut Gubernur memberikan bantuan kepada kelompok tani di Kabupaten Minahasa Utara berupa mesin alat pertanian seperti backpack brushcutter, knapsack sprayer, alat tanam jagung, corn sheller, bantuan benih jagung, dan bantuan sapi, serta menyerahkan bantuan KUR dari pihak perbankan.
Turut hadir, Anggota DPRD Sulut, Wenny Lumentut; Ketua DPRD Minut, Denny Lolong; Kepala BPTP Suluf, Yusuf; Kadistanak Sulut, Novly Wowilin;, Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA); Dekan Fakultas Pertanian;Dekan Fakultas Peternakan; Jajaran Distanak; Pemkab Minut; serta pihak Perbankan.* (fen)

LEAVE A REPLY