Hari Darmawan, Pendiri Gerai Ritel Matahari Meninggal Dunia

0
39
Hari Darmawan, pendiri jaringan toko ritel Matahari.
Hari Darmawan, pendiri jaringan toko ritel Matahari.

CINTASULUT.COM,- Hari Darmawan, pendiri gerai ritel Matahari meninggal dunia, Sabtu (10/3/2018) pagi tadi. Jenazahnya ditemukan di Kali Ciliwung, di wilayahn Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sebelum ditemukan meninggal dunia, bos Taman Wisata Matahari (TWM) di Puncak, Bogor itu sempat dilaporkan hilang pada Jumat (9/3/2018) malam.
Sebelum dilaporkan hilang, Hari pada Jumat (9/3/2018) dikabarkan mengunjungi vila yang berada di dekat sungai di kawasan Taman Wisata Matahari dengan diantar karyawannya. Usai mengantar Hari, karyawannya meminta izin mengambil air minum. Namun, ketika kembali, Hari tak ditemukan lagi. Pihak TWM lalu menghubungi Kepolisian Bogor untuk melakukan pencarian.
Bersama Tim SAR, pihak TWM dibantu tim SOAR Rafting TWM kembali mendatangi lokasi sekaligus menyusuri aliran Sungai Ciliwung yang melintasi kawasan taman. Pada sekitar pukul 06.30 WIB pagi tadi, jenazah Hari Darmawan ditemukan pertama kali oleh Dani Sudiana beserta empat rekannya yang tengah menyisir Sungai Ciliwung menggunakan perahu karet. Korban ditemukan dalam kondisi tertelungkup dan tersangkut batu di lokasi berjarak sekitar 100 meter dari tempat hilangnya korban.
Jenazah kemudian dibawa ke RSUD Ciawi untuk keperluan visum, selanjutnya disemayamkan di kediamannnya di Desa Cilember, Kecamatan Cisarua.
Hari Darmawan dikenal sebagai pengusaha ritel yang sukses. Pria kelahiran Makasar, Sulawesi Selatan, 27 Mei 1940 itu merupakan pendiri jaringan toko ritel terkemuka Matahari Department Store dan Matahari Supermarket.
Sayangnya, usaha yang dirintisnya dari sebuah toko kecil di bilangan Pasar Baru, Jakarta sejak tahun 1958 itu akhirnya dijual kepada Lippo Group akibat terkena imbas krisis moneter pada 1997.
Setelah melepas Matahari, ia mendirikan Hari Darmawan Corporation (HDC) yang mengembangkan bisnis properti, fashion, swalayan, gaya hidup dan pendidikan. Pasar Swalayan Hari-Hari adalah salah satu di antara sekian banyak bisnis yang masih dikelolanya. Tak hanya itu, ia juga merambah ke bisnis pariwisata dengan mengembangkan Taman Wisata Matahari, tempat wisata popular di kawasan Cisarua, Bogor.* (fen)

==========

Tulisan lain:

LEAVE A REPLY