Hasil Survey PN Manado Februari 2018, Pencari Informasi Ungguli Perkara Pidana

0
25
PN Manado
PN Manado

CINTASULUT.COM,- Menarik laporan hasil survey PN Manado yang ditandatangani Ketua Tim Hakim Franklin Tamara tertanggal 28 Februari 2018. Sangat terperinci, jelas dan spesifik.
Tercatat, komposisi jenis kelamin 61,2 persen pria, dan 38,8 persen wanita. Dan frekwensi tertinggi berkunjung ke pengadilan adalah beberapa kali setahun sebanyak 44,2 persen, rutin setiap minggu berada di pengadilan sebanyak 29,4 persen.
Ketika dicek untuk urusan apa berada di pengadilan, ternyata didominasi oleh pihak hanya mencari informasi yaitu 41,4 persen. Sedangkan yang menghadiri perkara perdata sebanyak 33 persen, jauh lebih besar dari pihak perkara korupsi 6,8 persen dan perkara pidana 7,6 persen.
Sementara, sebagai apa pengunjung berada di pengadilan hasil surveynya tak kalah menarik. Sebagai Penggugat/Tergugat sebanyak 28,7 persen, teman/anggota keluarga pihak berperkara sebanyak 28,6 persen, dan hanya untuk meminta ijin/dokumen sebesar 24,6 persen. Terungkap, jumlah pengacara yang rutin beracara di pengadilan hanya 7,9 persen.
Juru Bicara Pengadilan Negeri (PN) Manado, Hakim Vincentius Banar,SH.MH, saat ditanya apa yang akan dilakukan dengan data tersebut oleh awak media, Selasa (13/3/2018) menjawab,
“Data ini akan dikelola dalam program yang disebut Manajemen Resiko. Bagaimana konkritnya?
Dengan hasil survei ini, salah satunya bahwa kami mengetahui bahwa kebutuhan terbesar PN Manado pada tahun 2018 ini adalah peningkatan pelayanan meja informasi, dan meja registrasi perdata,” ungkap Hakim Banar menutup percakapan.* (jane)

==========

Tulisan lain:

SHARE

LEAVE A REPLY