Hattrick Opini Disclaimer BPK, Jems Tuuk Imbau Gubernur Kurangi Bantuan Hibah APBD Untuk Bolmong

0
32
Ir. Julius Jems Tuuk, legislator DPRD Sulut dari Dapil Bolmong Raya.
Ir. Julius Jems Tuuk, legislator DPRD Sulut dari Dapil Bolmong Raya.

CINTASULUT.COM,- Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) untuk tiga kali berturut mendapat opini disclaimer atas pengelolaan keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Bahkan, dari 15 kabupaten/kota yang ada di Sulut, Kabupaten Bolaang Mongondow satu-satunya yang mendapatkan opini discalimer.
Tak pelak opini disclaimer yang ditetapkan BPK tersebut berbuah  sorotan tajam dari Jems Tuuk, Legislator DPRD Sulut dari Dapil IV Wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR).
“Artinya, auditor tidak bisa meyakini apakah laporan keuangan ini wajar atau tidak,” ujar Tuuk diinterupsi dalam rapat paripurna, Senin (8/7/2019).
Tuuk pun dalam iterupsinya menghimbau, agar Pemprov Sulut di bawah kepemimpinan Olly Dondokambey-Steven Kandouw sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur tidak memberikan dana hibah APBD Provinsi Sulut untuk Kabupaten Bolmong.
“Kaukus DPRD Provinsi dari Bolaang Mongondow Raya sepakat, tidak menghibahkan dana bantuan keuangan provinsi yang cukup kepada Bolmong karena disclameir,” ucap Tuuk.
Tuuk berpendapat, Sulawesi Utara dalam penetapan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK belum lama ini tidak paripurna karena opini disclaimer yang disandang Kabupaten Bolaang Mongondow.
Pun demikian, masih oleh Tuuk, agar Inspektorat Provinsi Sulut dapat membantu Pemerintah Kabupaten Bolmong dalam pengelolaan keuangan.
“Agar bisa mengelola keuangan dengan baik, supaya di hari yang akan datang kabupaten ini bisa sederajat mendapat hasil dari BPK RI yakni Wajar Tanpa Pengecualian,” tandas Legislator yang kembali duduk di lembaga politik DPRD Sulut periode 2019-2024.
Terpisah, Gubernur Olly Dondokambey saat diwawancarai sejumlah awak media usai rapat paripurna mengatakan bahwa bahwa harus dilihat dari semua sisi dan bukan hanya dari opini Disclaimer BPK.
“Jangan hanya melihat dari sisi disclaimer. Disclaimer itu apa? Kita harus melihat benar-benar, apakah kesalahan dari pengelolaan keuangan atau yang lain,” singkat Gubernur.* (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY