Ide Dan Strategi Saling Sinkron, Simarmata: Tak Ada Prestasi Turun Dari Langit

0
38
Edward Simarmata, Ketua Pengadilan Negeri Manado.
Edward Simarmata, Ketua Pengadilan Negeri Manado.

CINTASULUT.COM,- Coretan tangan diatas kertas, menuangkan ide menjadi satu strategi untuk memajukan Pengadilan Negeri (PN) Manado, memang sudah menjadi tujuan utama Kepala PN Manado, Edward Simarmata, SH. LLM. MTL. Sosok yang aktif ini tak henti-hentinya mencetuskan ide briliant yang menghasilkan prestasi yang signifikan.
Hal menarik pun berulang, terlihat Ketua PN Manado Edward Simarmata membaca sesuatu di layar gadgetnya. Tidak berapa lama, beliau membuat sedikit coretan di kertas, dipanggil sejumlah hakim, dan pejabat pengadilan, kemudian dilakukan rapat dinas.
Penasaran, ini dikonfirmasikan kepada Hakim Juru Bicara Vincentius Banar, SH.MH.
“Inilah contoh Ketua PN jaman now. Sangat melek teknologi, kuasai membaca data statistik, tangkas, dan responsif. Tadi beliau membaca pengumuman, telah dibentuk Satuan Tugas (Satgas) Ditjen Badilum MA, untuk persiapan perlombaan pelaksanaan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) 2018, antar pengadilan seluruh Indonesia,” tutur Hakim Banar kepada sejumlah awak media.
Sedangkan terkait rapat dinas, PN Manado sedang mempersiapkan untuk mengikuti lomba.
“Beliau mau, dan sedang disusun strategi, agar pengadilan di Sulawesi Utara bisa juara,” aku Hakim Banar.
Ditanyakan kapan perlombaan tersebut dilaksanakan, dijawab Jubir PN Manado ini bahwa inilah uniknya KPN Manado Simarmata, punya keahlian yang jarang dimiliki hakim.
“Istilah beliau, harus bisa membaca, ke mana arah angin. Tadi dijelaskan, pengalaman tahun lalu, perlombaan diadakan selama 2 (dua) minggu di bulan Oktober 2017. Diperkirakan, akan berlangsung pada bulan yang sama ditahun 2018,” ungkap Hakim Banar.
Itu berarti, KPN Manado selalu menseriusi apapun yang menyangkut peningkatan kualitas pelayanan dan prestasi PN Manado.
“Bayangkan, lomba masih delapan bulan lagi, bahkan panitianya juga baru mau dibentuk, tapi PN Manado sudah atur persiapan.
Yang lebih bikin heran, hanya dengan sedikit otak-atik data statistik di gadget, beliau bisa tau, di aspek mana saja kelemahan PN Manado tahun 2017 lalu,” terang Hakim Banar.
Pertanyaan selanjutnya, apa prioritas persiapan PN Manado, dengan lugas dijawab Hakim Banar,
“Inilah kelebihan lain dari Ketua PN Manado. Pimpinan pengadilan lain masih meraba-raba mau jalan ke mana, coba sana coba sini, tapi hanya dengan membawa statistik, beliau mampu menjelaskan, apa saja sasaran, dan tujuan yang akan dicapai. Makanya seluruh aparatur PN Manado bisa konsentrasi menjalankan program kerja. Sebagai contoh, tadi disebutkan secara berurutan seluruh aspek kinerja terlemah,” katanya.
Setiap pengadilan berbeda, dan untuk PN Manado yang perlu dibenahi yakni pencatatan barang bukti, e-document tuntutan, permohonan upaya hukum, pengisian BHT, data saksi, penginputan tuntutan, minutasi perkara, penundaan jadwal sidang, penyelesaian perkara, penginputan minutasi, dan sisa biaya perkara.
Pertanyaan lain, apakah perlombaan ini terkait dengan nilai persentase SIPP pengadilan, ataupun warna penilaian kinerja harian setiap PN, misalnya: 0 – 50% = merah, 50,1 % – 90% = kuning, dan di atas 90,1% menjadi hijau? Sambil geleng-geleng kepala, Hakim Banar menjawab,
“Tadi kami bingung juga, dan sempat berpendapat demikian, bahwa PN mana yang dapat nilai persentase tinggi, atau telah berwarna hijau, pastilah jadi pemenang. Ternyata, menurut KPN Simarmata, justru tidak demikian. Hijau belum berarti menang. Yang juara, adalah pengadilan yang mampu mengisi urutan aspek tadi secara lengkap dan akurat,” tutup Hakim Banar.
Adalah tepat bila Simarmata mengutip pepatah lama, “Tidak ada prestasi jatuh dari langit”, semua harus dipersiapkan PN Manado.* (jane)

==========

Tulisan lain:

LEAVE A REPLY