Ini Pendapat JMH Di Balik Foto Bersama Dengan Simarmata dan Keluarga Besar PN Manado

0
38
Komunitas Jurnalis Meja Hijau (JMH) berfoto bareng Keluarga Besar Pengadilan Negeri (KPN) Manado.
Komunitas Jurnalis Meja Hijau (JMH) berfoto bareng Keluarga Besar Pengadilan Negeri (KPN) Manado.

CINTASULUT.COM,- Bangga, itu adalah kata pertama terucap dari para Pemburu Berita yang setiap hari melakukan liputan berita di Pengadilan Negeri (PN) Manado, saat komunitas Jurnalis Meja Hijau (JMH) berfoto bareng dengan Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Manado, Edward Simarmata, SH, LLM, MTL bersama para Hakim, Panitera Pengganti (PP), Panitera Muda (PanMud) juga seluruh keluarga besar PN Manado, Kamis (5/4/2018) siang tadi.
Seperti dikatakan Ketua JMH Jack Wullur, STh, apresiasi untuk KPN Manado Simarmata yang telah memberikan ruang dan waktu bagi JMH.
Di samping itu, Wullur juga mengapresiasi KPN Manado yang telah membawa perubahan besar dan kemajuan di Pengadilan Negeri Manado.
“Hasil pantauan, banyak perubahan di PN Manado, saya mewakili seluruh personil JMH memberikan apresiasi atas kinerja KPN Simarmata yang membawa kemajuan di PN Manado,” ucap Ketua JMH.
Lanjutnya, di PN Manado, sekarang, dari segi pelayanan untuk akses informasi publik, terbuka dan lancar, adanya SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara, red) yang terus ter-update, hal itu juga mempermudah akses awak media dalam peliputan untuk pengumpulan data pemberitaan.

Komunitas Jurnalis Meja Hijau (JMH) berfoto bareng Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Manado
Komunitas Jurnalis Meja Hijau (JMH) berfoto bareng Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Manado

Masih menurut Ketua JMH, KPN juga sangat terbuka atas masukan masukan dari para awak media.
“KPN pun Welcome untuk pemberitaan para kuli tinta baik yang kritis dan baik . Intinya sesuai fakta tentunya,” tutup pria lajang jebolan Teologi UNIMA Tomohon.
Penasehat JMH juga angkat bicara, “Moment jarang , meskipun setiap hari bertemu , baru kesempatan ini bisa berfoto bersama dengan KPN Simarmata,” singkat Hongla Wangko.
Lain lagi menurut salah satu personil JMH, Jein Tungkagi soal sosok KPN Simarmata.
“Figur KPN Simarmata adalah seorang yang tegas, susah ditebak. Selain itu kepintaran Beliau tidak diragukan. Aktif dan fleksibel dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Beliau bisa membedakan antara profesional dan perasaan,” ungkap Tungkagi.
Dijelaskannya, kadang seorang pemimpin itu sangat sulit bersikap profesional bila ikut menyertakan perasaan.
“Dicontohkan, KPN seorang yang profesional, bila ada bawahan yang melakukan kesalahan atau kekeliruan, seorang pemimpin itu tidak akan segan segan memberikan punishment, karena tidak menyertakan perasaan dalam mengambil tindakan dan keputusan. Itu yang dinamakan profesional,” tambahnya.
Sisi lainnya, dimana KPN memberikan punishment ada juga reward bagi yang pantas menerima.
Dan terkait bisa foto bersama KPN Manado Simarmata,
“Ini adalah hal yang membanggakan, berarti Beliau (KPN, red) pun berpendapat, kami juga bagian dari keluarga besar PN Manado,” tutup Jein.
Dan senada dikatakan Ketua JMH, foto bersama tersebut juga mempertegas bahwa di PN Manado ada pewarta dengan identitas jelas, dan ini komunitas jurnalis pertama dibentuk selama melakukan peliputan di PN Manado, disaat kepemimpinan KPN Simarmata.
Sedangkan Juru Bicara PN Manado, Vincentius Banar,SH.MH, saat dimintai pendapat oleh awak media mengatakan, JMH sebagai mitra PN Manado sangat dibutuhkan eksistensinya.
“Mewartakan penegakan hukum di PN Manado adalah salah satu tugas sahabat sahabat JMH. Dan tentu sangat membantu PN Manado dalam menyebarkan luaskan aktifitas PN Manado dalam penegakkan hukum dan pelayanan kepada pencari keadilan,” tandas Hakim Banar.* (tim JMH/jane)

==========

Tulisan lain:

LEAVE A REPLY