Irjen Pol Bambang Waskito Jadi Kapolda Sulut Gantikan Wilmar Marpaung

Brigjen Royke Lumowa Jadi Kakorlantas Polri

0
2135

irjen-pol-wilmar-marpaung-dan-irjen-pol-bambang-waskito

CINTASULUT.COM,- Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengganti jabatan 10 kapolda dan sejumlah jabatan penting di lingkungan Polri.  Mutasi yang dituangkan dalam surat telegram nomor ST/2987/XII/2016 tertanggal 12 Desember 2016 itu yakni sejumlah pati Polri mendapatkan promosi jabatan dan diberhentikan dalam rangka pensiun.
“Merupakan mutasi biasa tour of duty dan tour of area untuk pengembangan karier. Ada juga yang memasuki purna bakti (pensiun),” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul, seperti dilansir Okezone, Senin (12/12/2016).
Kapolda Sulut Irjen Pol Wilmar Marpaung yang menjabat sejak Maret 2015 termasuk dalam daftar mutasi tersebut.    Kapolda terbaik se-Indonesia itu dimutasi ke Lembaga Pendidikan Kepolisian (Lemdikpol). Posisinya akan digantikan Irjen Pol Drs Bambang Waskito yang sebelumnya Kapolda Jabar.  Posisi lama Bambang Waskito selanjutnya akan diisi Irjen Anthon Charliyan yang sebelumnya Kapolda Sulsel.  Sementara posisi yang ditinggalkan Anton akan diisi oleh Irjen Muktiono.
Irjen Pol Bambang Waskito adalah perwira tinggi lulusan Akpol 1984.  Jenderal kelahiran Cepu, Jawa Tengah, 55 tahun lalu itu sangat berpengalaman di bidang Reserse Kriminal Umum dan Khusus.  Dia pernah menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dir Tipideksus) Bareskrim Polri yang juga membawahi Cyber Crime.
Sebelum menjabat Kapolda Jabar sejak 27 Mei 2016, Bambang Waskito menjadi Widyaiswara Utama Sespim Polri Lemdikpol. Jabatan Kapolda Sulut merupakan jabatan kapolda kedua yang diemban jenderal bintang dua ini.
Dalam Surat Telegram itu juga tercatat nama Brigjen Royke Lumowa yang saat ini menjabat Kapolda Papua Barat.  Jenderal bintang satu lulusan Akpol 1987 itu dipercaya menjadi Kakorlantas Polri.  Ia menggantikan posisi Irjen Agung Budi Maryoto  yang akan menjabat Kapolda Sumatera Selatan.* (Fendy)

==========

Tulisan lain:

LEAVE A REPLY