Juli-Desember 2020, 2630 THL Dikda Sulut Terancam ‘Kerja Bakti’

0
78
Rapat Komisi IV DPRD Sulut dengan Dikda Sulut, Selasa (16/6/2020)
Rapat Komisi IV DPRD Sulut dengan Dikda Sulut, Selasa (16/6/2020)

CINTASULUT.COM,- Sebanyak 2.630 Tenaga Harian Lepas (THL) di Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Pemprov Sulut terancam tak memperoleh gaji pada bulan Juli hingga Desember 2020. Hal ini terungkap saat dilaksanakannya Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi IV Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) DPRD Sulut dengan Dikda Sulut, Selasa (16/6/2020) sore di Ruang Rapat Komisi IV.
Di rapat, Wakil Ketua Komisi IV Careig Naichel Runtu (CNR) dengan tegas mempertanyakan tidak tercantumnya anggaran untuk membayar gaji para THL tersebut.
“Kenapa tidak dianggarkan,” ucap Politisi dari Partai Golkar ini kepada Kepala Dinas Dikda Sulut, dr.Grace Punuh.
Dirinya pun meminta agar Dinas tersebut segera mencarikan solusi karena ini menyangkut nasib ribuan THL.
“Harus dicarikan solusi secepatnya. Komisi IV akan kawal terus agar mereka mendapatkan hak mereka sesuai aturan yang berlaku,” kata Careig.
Senada disampaikan Koordinator Komisi IV yang juga Wakil Ketua DPRD Sulut, Billy Lombok dengan wajah heran. Bahkan, Legislator dua periode ini menanyakan siapa yang memangkas anggaran untuk gaji 2.630 THL tersebut.
“Siapa yang pangkas? Maksud ibu badan anggaran yang mana? Banggar TAPD?,” seru Billy di rapat.
Legislator dari Partai Demokrat inj pun mendesak agar segera dicarikan solusi agar gaji para THL bisa dibayarkan untuk bulan Juli hingga Desember.
“Ini sudah bulan Juni,” desak Billy.
Bukan hanya itu, Sekretaris Komisi IV, dr.Andi Silangen menyesalkan karena Kadis Dikda Sulut tidak menyampaikan hal tersebut sebelum dilakukan rapat antara TAPD dan Banggar DPRD Sulut.
“Coba disampaikan kepada saya sebelumnya, tentu hal ini saya sampaikan di rapat tadi (selasa, red) agar segera dicarikan solusi. Ini sudah bulan Juni,” ujar dr. Andi.
Sementara Yusra Alhabsyi berpendapat, masih adanya kurang koordinasi antara Banggar DPRD Sulut dengan Komisi.
Menanggapi pertanyaan terkait gaji para THL yang tidak dianggarkan, Kadis Dikda sendiri mengatakan bahwa hal tersebut sudah dikonsulatisikan dengan pihak TAPD.
Diketahui, pada bulan Januari-Juni 2020, untuk gaji 2.630 THL Dikda Sulut sebesar Rp54 miliar.* (jane)

SHARE

LEAVE A REPLY