Karinda Nilai Diknas Sulut Kurang Peka

0
45
James Karinda, SH MH
James Karinda, SH MH

CINTASULUT.COM,- Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Provinsi Sulawesi Utara kembali disorot DPRD Sulut. Seperti dikatakan Ketua Komisi IV bidang Kesra, James Karinda, SH MH kepada cintasulut.com, Senin (10/7/2017).
Menurut Karinda, banyak siswa/siswi yang akan melanjutkan ke tingkat SMU/SMK tidak bisa terakomodir pihak sekolah negeri dan akhirnya bermuara di sekolah swasta yang notabene membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
“Banyak calon siswa tidak tertampung di SMP, SMU/SMK Negeri. Akhirnya, mereka dibebankan membayar biaya besar di sekolah swasta,” ujar Karinda lewat pesan singkat WhatsApp miliknya.
Lanjut Karinda, hal ini tentu saja sangat disayangkan para orang tua murid terlebih kepada Pemerintah Provinsi dalam hal ini Diknas Sulut.
“Seharusnya mengambil langkah bagaimana agar pendidikan bebannya semakin ringan. Sangat disayangkan Dinas Pendidikan tidak fokus memperhatikan apa yang dirasakan orang tua, karena dengan sendirinya harus membayar uang pembangunan, SPP, dan banyak lagi yang harus dibayarkan setiap bulan bila mereka di sekolah swasta,” kesah Legislator dari dapil Manado ini.
Bahkan, Karinda menilai Diknas Provinsi hanya konsentrasi pada kegiatan seremonial dan terkesan buang anggaran.
“Kesusahan anak didik dan orang tua tidak menjadi prioritas program. Uang komite pun masih terus berlangsung,” pungkas Karinda.* (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY