Karinda “Warning” Perusahaan Tidak Bayar THR

0
31
James Karinda, SH MH, legislator DPRD Sulut.
James Karinda, SH MH, legislator DPRD Sulut.

CINTASULUT.COM,– James Karinda, SH MH, Legislator di DPRD Sulut kembali menyuarakan terkait hak para pekerja. Kali ini terkait Tunjangan Hari Raya (THR) yang wajib diberikan perusahaan menjelang hari raya.
“Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Jangan sampai THR bagi tenaga kerja tidak dibayarkan perusahaan,” ujar Karinda kepada cintasulut.com, Selasa (20/6/2017) lewat pesan WhatsApp.
Lanjut Karinda, instansi terkait yaitu Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) wajib memperhatikan hal itu, dan mengambil tindakan tegas terhadap perusahaan yang tidak membayar THR.
“Para pekerja dan buruh telah susah payah bekerja untuk kemajuan perusahan. Hak-hak pekerja harus diberikan, karena itu adalah kewajiban berdasarkan perundang-undangan,” tegas Legislator yang diusung dari Partai Demokrat dan juga dari dapil Manado ini.
Pada dasarnya, pengaturan mengenai pekerja secara umum diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dan terkait THR dipertegas juga dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya keagamaan bagi pekerja/buruh di perusahaan.* (jane)

==========
Tulisan lain:

SHARE

LEAVE A REPLY