Ketua POSBAKUM IKADIN PN Manado, Pertanyakan Narkoba Ada di Rutan Malendeng

0
23
Adv. E.K.Tindangen, SH
Adv. E.K.Tindangen, SH

CINTASULUT.COM,- Ditemukannya tahanan yang menggunakan obat terlarang narkotika jenis shabu di dalam sel Rumah Tahanan (Rutan) Malendeng baru-baru ini, menimbulkan pertanyaan besar dari Ketua Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) IKADIN Pengadilan Negeri Manado. Pasalnya, rutan harusnya steril dari peredaran barang haram tersebut.
“Kenapa bisa sampai narkoba masuk di Rutan Malendeng, yang notabene harusnya steril tempatnya. Waktu lalu menteri sudah menertibkan dan mengganti para karyawan dan sipir. Tapi kenapa sampai sekarang narkoba itu masih ada di dalam rutan?,” ujar Tindangen dengan nada Tanya saat ditemui awak media, Selasa (27/2/2018) di ruang kerjanya.
Dirinya pun mewakili POSBAKUM IKADIN menyatakan perang terhadap narkoba. “Kami mengajak semua pihak untuk perang terhadap narkoba. Bukan hanya di luar rutan tetapi juga di dalam rutan,” tegas dia.
Harapan Tindangen terhadap Kementerian Hukum dan HAM yang memayungi Rutan Malendeng, tidak hanya dilakukan pergantian pimpinan dan petugas melainkan harus memperhatikan sumber daya manusia (SDM).
“Percuma dilakukan perubahan dan pergantian orang, kalau kesadaran para SDM itu tidak muncul,” kata Tindangen seraya menambahkan, tidak dibenarkan melakukan pembedaan perlakuan terhadap para tahanan.
Tindangen juga dengan tegas mengatakan, harus ada tindakan hukum bagi oknum tahanan ataupun oknum petugas sipir yang didapati dengan sengaja menggunakan atau meloloskan narkoba beredar di Rutan Malendeng.
“Harus ditindak secara tegas, bila terbukti ada unsur kesengajaan meloloskan narkoba masuk di rutan malendeng. Harus ditindak sampai akar-akarnya,” tutup Tindangen di akhir wawancara.* (jane)

==========

Tulisan lain:

LEAVE A REPLY