Komisi I Push Ormas Urus Legalitas

0
5
Komisi I bidang Pemerintahan dan HAM DPRD Sulut menggelar rapat dengar pendapat dengan Kesbangpol Provinsi Sulut., Selasa (29/1/2019)
Komisi I bidang Pemerintahan dan HAM DPRD Sulut menggelar rapat dengar pendapat dengan Kesbangpol Provinsi Sulut., Selasa (29/1/2019)

CINTASULUT.COM,- Hanya ada sekitar 10 organisasi masyarakat (ormas) yang terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulut. Hal ini terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi I bidang Pemerintahan dan HAM DPRD Sulut dengan Kesbangpol Provinsi Sulut. Untuk itu, Ketua Komisi I Ferdinand Mewengkang menghimbau agar ormas yang belum memiliki ijin agar segera menghubungi instansi di bawah kepemimpinan Mecky Onibala itu.
“Kami mendorong agar Para Ormas segera mengurus ijin agar berstatus legal,” kata Mewengkang dalam rapat, Selasa (29/1/2019).
Sebelumnya dikatakan Onibala, ada 104 Ormas di tingkat Provinsi Sulut berstatus legal.
“Namun, ada juga ormas yang belum mengantongi ijin atau Ilegal. Maka dari itu, saya sudah menyampaikan ke Direktur Intel apabila ada ormas yang melakukan demonstrasi harus dipertanyakan apakah ormas tersebut terdaftar atau tidak, jika tidak terdaftar segera koordinasikan dengan Kesbangpol,” terang Onibala di rapat.
Lanjut Onibala, sejauh ini para ormas yang melakukan orasi taat aturan.
“Para ormas sampai saat ini masih dengar-dengaran. Mereka sangat memahami situasi dan kondisi, apalagi menjelang pilpres dan pileg 2019,” ungkap onibala.* (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY