Komisi III DPRD Sulut Tinjau Pembangunan Tol Manado-Bitung

0
14
Komisi III DPRD Sulut bersama BPJN Wilayah XV Sulut, melakukan cek lokasi pembangunan jalan tol Manado-Bitung, Senin (4/2/2019).
Komisi III DPRD Sulut bersama BPJN Wilayah XV Sulut, melakukan cek lokasi pembangunan jalan tol Manado-Bitung, Senin (4/2/2019).

CINTASULUT.COM,- Pembangunan jalan Tol-Manado Bitung terus dilakukan pengawasan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Hal yang sama pun dilakukan DPRD Sulut lewat Komisi III bidang Infrastruktur yang diketuai Adriana Dondokambey.
Terlihat, pasca dilaksanakannya rapat dengar pendapat (RDP) dengan BPJN Wilayah XV Sulut, Senin (4/2/2019) kemarin, Komisi III bersama mitra terkait langsung cek lokasi.
Kepala BPJN Wilayah XV Sulut dan Gorontalo DR. Triono Junoasmono ST. MT, mengatakan untuk total panjang tol Manado-Bitung adalah 40 Km, dan dari panjang 40 Km itu terdiri dari beberapa segmen, karena memang pembebasan lahan dilakukan secara bertahap.
“Untuk progress yang akan dan sudah dilaksanakan akan diberitahukan ke Sekretaris Provinsi Sulut Edwin Silangen dan tentunya kepada Gubernur Olly Dondokambey kamis depan,” ucapnya senin (4/1/19) kepada beberapa awak media.
Tak hanya itu, Junoasmono juga menjelaskan bahwa untuk segmen pertama adalah 0 sampai 7 Km, itu dibiayai dengan pinjaman luar negeri tepatnya dari negara Cina.
“Segmen pertama ada beberapa struktur jembatan yang pengerjaannya sedikit mundur waktunya dikarenakan ada penguatan. Kenapa? Karena memang di situ jembatannya cukup tinggi dan di sini sudah ada KKJTJ yakni komisi untuk keselamatan jembatan. Jadi untuk mengantisipasi adanya faktor keselamatan, kita sebagai kementerian PUPR memastikan desain yang sudah itu pasti kuat. Jadi memang penyelesaian jembatan ini, waktunya agak mundur dari sebelumnya, tapi untuk badan jalannya akan selesai bulan april nanti,” jelasnya.
Untuk segmen kedua, lanjut Kepala BPJN Wilayah XV Sulut, STA 7 lalu ke 14 targetnya selesai awal april.
“Untuk 0 Km sampai 14 Km itu adalah kontribusi dan domain dari pemerintah. Untuk sisanya, dari 14 Km sampai 40 Km itu dibangun oleh PT. Jasa Marga dan itu diselesaikan secara bertahap. Jadi secara umum, progresnya untuk 0 sampai 14 Km adalah sekitar 73%, Segmen kedua sudah 93%, rata-ratanya sekitar 83% progres fisiknya. Penyelesaiannya pun ada 2 tahap yakni bulan April dan bulan Juli. Dan untuk pengoperasian jalan tol Manado-Bitung nanti akan ada pembicaraan dulu dengan Pemerintah Provinsi Sulut dan juga tentunya dengan pemerintah pusat,” jelasnya.
Sementara Ketua Komisi III Adriana Dondokambey mengatakan, akan terus melakukan pengawasan pembangunan jalan tol tersebut.
“Komisi III akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dan juga pemerintah daerah terkait bagaimana kelanjutan akan pembangunan jalan tol Manado-Bitung,” ucap Dondokambey.
Komisi III DPRD Sulut yang turun lapangan yakni Adriana Dondokambey, Amir liputo, Edyson Masengi, Bart Senduk, Yongki Limen, Billy Lombok, Dicky Makagansa, dan Judi Moniaga.* (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY