Komisi IV Usul Program Dinas Sosial Lewat Karang Taruna Untuk 15 Kabupaten/Kota

0
12
Komisi IV DPRD Sulut menggelar rapat dengar pendapat dengan Dinsos Provinsi Sulut, Kamis (31/10/2019).
Komisi IV DPRD Sulut menggelar rapat dengar pendapat dengan Dinsos Provinsi Sulut, Kamis (31/10/2019).

CINTASULUT.COM,- Komisi IV Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) terus melakukan kontrol atas program dan penggunaan anggaran terhadap SKPD yang menjadi mitra kerja.
Kamis (31/10/2019) pekan lalu, Komisi IV yang dipimpin langsung Ketua Komisi Braien Waworuntu melaksanakan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dinas Sosial Provinsi Sulut. Dan, di rapat itu usul menarik pun dilontarkan.
Dikatakan salah satu Anggota Komisi IV, bahwa penyaluran bantuan dari Dinas Sosial lewat organisasi Karang Taruna ada di 15 Kabupaten/Kota.
Hal ini pula yang ditekankan Melky Pangemanan salah satu anggota Komisi IV.
“Kalau bisa program dan bantuan dari pemerintah untuk Karang Taruna ada di 15 kabupaten/kota,” ujar Melky kepada Kadis Dinsos Sulut, Rini Tamuntuan beserta jajarannya.
Dirinya pun mempertanyakan apakah bantuan tersebut harus melalui organisasi Karang Taruna ataukah ada kemungkinan organisasi kemasyarakatan lain.
“Apa boleh organisasi lain selain Karang Taruna menerima bantuan-bantuan itu?,” tanya dia.
Menjawab itu, Tamuntuan pun menegaskan harus melalui Karang Taruna.
“Yang penting organisasi itu ada dalam wadah karang taruna silahkan memasukkan proposal. Kan ada kegiatan kemasyarakatan, keagamaan asalkan di Karang Taruna boleh memasukkan proposal,” ujar Kadis.
Tamuntuan juga memaparkan bahwa untuk anggaran tahun 2019 Karang Taruna diperuntukkan di 126 titik (desa).
“Ada yang sudah dilaksanakan dan ada yang sementara dilaksanakan,” ungkap dia.
Sementara, apakah ada peraturan yang mengatur bahwa bantuan tersebut wajib lewat organisasi Karang Taruna, lewat salah satu Kepala Bagian bidang Pemberdayaan Sosial mengatakan bahwa ada Peraturan Menteri yang mengatur. “Yaitu Peraturan Menteri Nomor 77 tahun 2010,” terangnya.
Sedangkan, usulan dari Komisi IV agar bantuan dari Dinas Sosial untuk Karang Taruna ada juga dì desa atau kabupaten lain dikatakan Rini Tamuntuan, “Untuk tahun 2019 ini sudah tidak bisa lagi karena berdasarkan usulan atau proposal yang masuk dari tahun sebelumnya, tapi untuk tahun depan bisa, silahkan masukkan proposalnya,” tandas dia.
Diketahui, ikut pula dalam rapat tersebut yaitu Yusra Al Habsyi (Anggota) dan Fransiskus Andi Silangen (Sekretaris Komisi IV).* (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY