Lembing Batu Ancam Lumbung Padi Dumoga

0
14
Lembing Hitam ancam lumbung padi Dumoga, Kabupaten Bolmong.
Lembing Hitam ancam lumbung padi Dumoga, Kabupaten Bolmong.

CINTASULUT.COM,- Hama padi ancam persawahan Dumoga, Kabupaten Bolaang Mongondow, daerah yang terkenal sebagai daerah lumbung padi. Dipastikan, para petani padi di wilayah ini akan merugi, mengingat ribuan bahkan jutaan hama berwarna hitam tersebut terbang bebas dan menyerang tanaman padi. Hal ini tentu saja sangat meresahkan warga. Pasalnya, sekian lama belum ada solusi untuk mengatasi berkembangnya hama tersebut.
Hal ini pula yang dikeluhkan salah satu warga Mogoyunggung, Edy Kawung saat diwawancarai sejumlah awak media, Senin (27/8/2018). Menurut Kawung, sudah sekian tahun lamanya hama tersebut berterbangan bebas di Dumoga. Parahnya lagi, hama itu menyerang tanaman padi.
“Dua hari saja hinggap di tanaman padi, akan mengering seperti hangus terbakar,” tutur dia.
Dirinya pun menambahkan, bukan hanya padi yang akan mati bila dihinggapi hama itu, manusia pun bisa luka bila disengat hama berbau busuk tersebut.
“Biasanya mereka keluar dengan jumlah ribuan saat bulan besar (purnama). Hingga saat ini belum ditemukan pembasmi yang efektif untuk mematikan mereka,” sambungnya.
Di sisi lain, legislator DPRD Sulut, Ir.Julius Jems Tuuk yang juga berdomisili di Desa Mogoyunggung mengakui kalau hama padi tersebut sudah sangat merugikan. Diakuinya juga pemerintah belum menemukan solusi efektif dalam membasmi hama tersebut.
“Pemerintah harus menemukan formula yang efektif dalan membasmi hama ini, jika terus dibiarkan maka petani padi akan merugi banyak jika diserang hama ini,” tukasnya.
Di Kecamatan Dumoga, serangan ribuan hama ini mengakibatkan sejumlah pusat perbelanjaan seperti Indomaret maupun Alfamart harus tutup cepat. Pasalnya, hama ini akan berkumpul ditempat yang ada penerangannya. Bau busuk juga akan ditimbulkan dari bangkai hama ini.
Dari pantauan cintasulut.com, hama yang dimaksud adalah serangga kecil berwarna hitam yang dikenal sebagai lembing batu (Scotinophara coarctata). Hama yang dalam bahasa Inggeris dikenal dengan The Rice Black Bug ini biasanya banyak muncul pada saat menjelang hingga sesudah purnama.
Sampai saat ini si kutu hitam ini termasuk salah satu hama yang sangat ditakuti petani padi lantaran belum ditemukan cara ampuh untuk mengatasinya. Padahal menurut beberapa sumber, lembing batu merupakan hama potensial yang pada waktu-waktu tertentu dapat menyebabkan kehilangan hasil panen hingga 50%.* (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY