Liando Yakin, Lumentut Pindah Parpol Karena Dinamika Pilpres

0
19
Ferry Daud Liando.
Ferry Daud Liando.

CINTASULUT.COM,- Kabar Vicky Lumentut yang notabene sebagai Ketua DPW Partai Demokrat Sulut hijrah ke Partai Nasional Demokrat (NasDem), sangat menggemparkan warga Sulawesi Utara khususnya Kota Manado. Pasalnya, tidak pernah hal ini terendus oleh publik. Bahkan, para kader Partai Demokrat di Sulut pun dibuat kaget.
Menanggapi ini Ferry Daud Liando, salah satu pengamat politik di Sulut saat diwawancarai cintasulut.com berpendapat bahwa sikap Vicky Lumentut pindah partai erat kaitannya dengan dinamika pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang.
“Saya menduga ini salah satu motivasi politik Pak Vicky yang secara tiba-tiba mengubah haluan politiknya. Pak Vicky kemungkinan masih bercita-cita agar masa depan politiknya akan panjang. Sehingga akan berbahaya baginya jika bertahan pada parpol yang tidak mendukung calon presiden pilihan mayoritas,” tutur Liando via ponsel, belum lama ini.
Adapun menurut Liando yang juga dosen ini, politik itu selalu identik dengan kekuasaan. Bagaimana kekuasaan itu didapat, cara mempertahankan kekuasaan tersebut, serta tata cara dalam menjalankan kekuasaan.
“Akan ke mana sikap politik seseorang selalu tergantung pada dinamika politik yang sedang berlangsung. Dalam hal kekuasaan itu statis, maka politik selalu mengikuti. Jika posisi kekuasaan dalam posisi dinamis maka politikpun ikut dinamis. Itulah sebabnya banyak politisi yang secara tiba-tiba mengubah sikap atau haluan politiknya, termasuk pindah parpol,” ungkap Liando.
Masih oleh Liando, sikap Partai Demokrat yang tidak memilih dan tidak mendukung Calon Presiden Jokowi tentu dinamikanya bervariasi. Ada elit partai yang diuntungkan namun ada juga yang merasa sebaliknya.
Lanjutnya lagi, selama ini Sulut menjadi salah satu daerah yang menurut hasil dari sejumlah survei, masih banyak mendukung Jokowi.
“Jadi, saya berkeyakinan bahwa pilihan Pak Vicky pindah parpol erat kaitannya dengan dinamika Pilpres,” tandas Liando.* (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY