Listrik Padam Berjam-jam, Ini Penyebabnya

0
94
PLN Wilayah Suluttenggo Gelar Jumpa Pers Ter,ait Masih Sering Padamnya Lampu.
PLN Wilayah Suluttenggo Gelar Jumpa Pers Ter,ait Masih Sering Padamnya Aliran Listrik.

CINTASULUT.COM,- Persoalan lampu padam hingga berjam-jam lamanya masih terus dirasakan masyarakat di Sulut. Bahkan, polemik ini kerap diserukan baik lewat demo ke DPRD Sulut dan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota.
Bahkan, mengantisipasi kekurangan pasokan listrik, instansi terkait akhirnya menyewa kapal pembangkit listrik dari Turki Karadeniz Zeynep Sultan berkapasitas 125MW dan terlihat berada di perairan Amurang sekitar 250 meter dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Amurang, Manado, Sulawesi Utara. Namun demikian, tetap saja ini tidak mampu menyurutkan keresahan warga Sulut. Pemadaman pun terus terjadi.
Menanggapi ini, PT.PLN Suluttenggo akhirnya menggelar jumpa pers, Kamis (1/12/2016) kemarin.
Dalam jumpa pers itu, pihak PLN Suluttenggo yang dihadiri Liasta Tarigan MB perencanaan sebagai PH GM, Paultje Mangundap Manajer Area Manado, Siti Endang MB. SDM, Tjantje Rau bagian Humas, dan Manager Area Penyaluran Distribusi (APD) PT. Suluttenggo Wahyu Catur Prasetyo menjelaskan bahwa terjadinya pemadaman saat ini disebabkan jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV, Isimu-Marisa mengalami trip. Akibatnya, PLTG Gorontalo keluar dari sistem dan tidak dapat mensuplai daya listrik sebesar 100 MW ke sistem Sulut-Gorontalo.
“Setelah petugas PLN menelusuri penyebab gangguan di lapangan, didapati tower nomor 6 SUTT 150 kV dari GI Isimu arah ke GI Marisa tepatnya di lokasi proyek pembangunan jalan Gorontalo Outer Ring Road (GORR) telah roboh,” jelas Wiasta.
Ditambahkan pula, kondisi ini membuat sistem suplai listrik ke Sulut dan Gorontalo mengalami kendala.
“Khusus untuk daerah Pohuwato dan Boalemo sementara ini dilayani oleh PLTD Marisa dan PLTG Gorontalo. PLN Wilayah Suluttenggo kemudian melakukan recovery dan dalam waktu dekat akan membangun tower transmisi emergency (darurat), dimana materialnya masih sedang dalam perjalanan darat dari Makassar,” terang dia.
Sementara itu, atas kondisi gangguan kelistrikan tersebut, Humas PLN wilayah Suluttenggo Jantje Rau mengungkapkan permohonan maaf atas kondisi darurat, dimana suplai listrik untuk masyarakat pelanggan di sistem Sulut dan Gorontalo mengalami kekurangan pasokan daya pembangkit sebesar 58.57 MW.
“PLN akan mengupayakan kerja semaksimal mungkin untuk mempercepat recovery pembangunan tower emergency,” pungkas Rau.* (jane)

==========

Tulisan lain:

LEAVE A REPLY