Lynvia Gunde Pimpin AJI Manado

0
10
Ketua dan Sekretaris AJI Manado terpilih foto bersama Sekjen AJI Revolusi Riza.
Ketua dan Sekretaris AJI Manado terpilih foto bersama Sekjen AJI Revolusi Riza.

CINTASULUT- Konferensi Kota (Konferta) ) Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Manado yang digelar di Hotel Gran Puri Manado, akhirnya melahirkan sejarah baru usai terpilihnya Lynvia Gunde sebagai Ketua AJI Manado periode 2018-2021. Jurnalis Harian Metro yang kerap disapa Via ini mengukir sejarah sebagai perempuan pertama yang menjabat Ketua AJI Manado. Ia didampingi Fernando Lumowa sebagai Sekretaris.
Dalam pemilihan, Pasangan Lynvia Gunde–Fernando Lumowa memperoleh 19 suara, unggul 12 suara atas pasangan Ishak Kusrant–Supardi Bado yang meraih 7 suara. Sementara 1 suara memilih abstain.
Adapun harapan melambung tinggi datang dari Ketua Demisioner AJI Manado Yoseph Ikanubun. , Ketua AJI Manado periode 2012-2015 dan 2015-2018 ini menghimbau kepada Lynvia dan Fernando sebagai pengurus yang baru, agar tetap mengakomodir seluruh anggota AJI Manado.
“Siapapun yang terpilih kita tetap harus mendukung. Saya berharap, dukungan terhadap pengurus yang baru tidak hanya sampai hari ini,” ujar Yoseph Ikanubun.
Sementara itu, Lynvia usai dinobatkan sebagai Ketua AJI Manado mengatakan, dalam memimpin AJI Manado tiga tahun ke depan, pihaknya memprioritaskan perekrutan anggota AJI. Keduanya juga akan memaksimalkan rekrutmen anggota jurnalis perempuan.
“Kami berharap jurnalis yang akan bergabung akan kita jangkitkan dengan hal-hal yang baik. Idealisme AJI akan kita tularkan kepada mereka,” ujar Bendahara Demisioner AJI Manado ini.
Selain itu lanjut dia, transparansi anggaran serta menjamin kesejahteraan para jurnalis anggota AJI Manado juga akan menjadi satu fokus program yang akan dilaksanakan selama kepengurusannya.
Sedangkan, Sekretaris Fernando mengakui dalam kepengurusan sebelumnya, masih banyak kekurangan berdasarkan hasil evaluasi dan rekomendasi dari para anggota AJI. Sehingga kata dia, hasil evaluasi tersebut akan menjadi prioritas untuk dilaksanakan.
“Kalau jadi manusia harus senantiasa belajar dari apa yang kita lewati. Jadi, evaluasi, catatan rekom seperti pengelolaan keuangan akan jadi prioritas kami,” kata Fernando.
Selain itu, lanjut dia, pihaknya pun akan bersolidaritas dengan anggota AJI Manado untuk memerjuangkan kesejahteraan yang hingga kini belum didapatkan.
“Kami pun akan tetap berupaya untuk menjadikan nama AJI harum di luar, bukan hanya di dalam saja,” tandasnya.
Diketahui, Konferta AJI Manado dihadiri oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Aliansi Jurnalis Independen Revolusi Riza dan 26 anggota AJI Manado.* (jane)

==========

Tulisan lain:

LEAVE A REPLY