Mantapkan Peringatan HUT RI ke-75, Pemprov dan DPRD Sulut Saling Koordinasi

0
21
Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan DPRD Provinsi Sulut menggelar rapat di Ruangan Rapat VIP di gedung kantor DPRD Sulut, Selasa (4/8/2020) siang terkait Peringatan ke-75 HUT RI.
Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan DPRD Provinsi Sulut menggelar rapat di Ruangan Rapat VIP di gedung kantor DPRD Sulut, Selasa (4/8/2020) siang terkait Peringatan ke-75 HUT RI.

CINTASULUT.COM,- Peringatan ke-75 HUT RI pada tanggal 17 Agustus 2020, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan DPRD Provinsi Sulut menggelar rapat di Ruangan Rapat VIP di gedung kantor DPRD Sulut, Selasa (4/8/2020) siang.
Usai rapat, di jumpa pers Kepala Biro Umum Pemprov Sulut, Clay Dondokambey menyampaikan terkait strategi dan sejumlah agenda yang akan dilaksanakan nanti.
“Ini adalah rapat kami yang ketiga dalam rangka Proklamasi HUT RI ke-75. Sebelumnya rapat umum sudah dilakukan di kantor pemprov dan dipimpin oleh bapak Sekretaris Provinsi. Rapat kedua dengan unsur pusat,” tutur Clay kepada sejumlah awak media.
Dikatakan Karo Umum ini, rapat ini melibatkan setiap unsur yang terkait.
“Di dalamnya ada unsur TNI/POLRI, Kementerian Hukum dan HAM dalam hal ini Lembaga Pemsyarakatan Manado di Tuminting, juga perangkat daerah yang terlibat di kepanitiaan,” sambung dia.
Adapun yang dibahas dalam rapat kali ini, lanjut Clay, ada empat rangkaian acara besar peringatan HUT Proklamasi ke-75 RI.
“Pertama, kegiatan pembukaan yang akan dilaksanakan pada hari jumat tanggal 7 agustus 2020 yang dipusatkan di Kantor Gubernur. Kemudian rangkaian yang kedua pada tanggal 14 agustus yaitu mendengarkan pidato kenegaraan dan lokasinya di kantor rakyat ini (kantor DPRD Sulut, red). Ketiga yaitu Apel  Kehormatan dan Renungan Suci yang lazim dilaksanakan satu hari sebelum hari H dan nanti dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2020 pada pukul 00:00 Wita atau tengah malam di Taman Makam Pahlawan Kairagi. Dan rangkaian keempat adalah puncak Peringatan HUT Proklamasi ke-75,” ulas Clay.

Suasana rapat
Suasana rapat

Diungkapkan Sekretaris Panitia ini, dari rangkaian puncak kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-75 RI ini ada lima kegiatan yang akan dilakukan.
“Yaitu pertama, pemberian remisi kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) bersama dengan Kementerian Hukum dan HAM. Kedua, pelaksanaan upacara peringatan HUT Proklamasi RI di halaman kantor gubernur. Ketiga, mengikuti secara virtual detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia langsung dari Istana Presiden di Jakarta dari Ruang Mapalus. Keempat, melaksanakan upacara penurunan bendera dan yang terakhir mengikuti kembali secara virtual upacara penurunan bendera yang dilaksanakan di Istana Presiden,” terang Clay.
Adapun dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, dikatakan Clay, tetap mengikuti dan mentaati protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, apalagi di masa pandemic covid-19.
“Sehingga upacara dan rangkaian peringatan HUT RI ke-75 dilaksanakan dengan cara yang sederhana tetapi tetap berhikmat. Dalam arti tidak mengurangi nilai-nilai perjuangan dan rasa nasionalisme,” ucap Clay.
Clay juga mengungkapkan sesuai dengan surat edaran dalam rangka memperingati HUT Proklamasi akan dilakukan Hening Cipta selama tiga menit dan dilakukan secara serentak.
“Ditandai dengan dibunyikannya sirine oleh semua unsur seperti TNI/POLRI dan Dinas Perhubungan,” ujarnya.
Di akhir wawancara, Clay menambahkan bahwa sudah dibuatkan surat edaran yang telah ditandatangani oleh Gubernur dan ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota di Sulut terkait teknis pelaksanaan HUT RI ke-75.
Diketahui, rapat dan jumpa pers tersebut didampingi langsung oleh Sekretaris DPRD Sulut, Glady Kawatu dan Kabag Umum Sekretariat DPRD Sulut, John Paerunan.* (jane)

LEAVE A REPLY