Mantik: Tol Manado-Tomohon dengar dari siapa? Belum ada itu

0
166
Ir Riel J Mantik MEngSc, Kepala BPJN XV Sulutgo.
Ir Riel J Mantik MEngSc, Kepala BPJN XV Sulutgo.

CINTASULUT.COM,- Rencana pembangunan jalan Tol Manado-Tomohon ternyata masih jauh panggang dari api. Hal ini diperjelas juga dengan komentar Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah XV Sulut-Gorontalo, Ir. Riel J Mantik M.Eng.Sc.
“Tol Manado-Tomohon dengar dari siapa ? Belum ada itu,” ujar Riel Mantik saat bertemu sejumlah awak media di salah satu restoran, Selasa malam (13/6/2017).
Terang Mantik, sistem jaringan jalan tol harus ada SK Menteri. Kalaupun ada usulan maka harus ada inisiatif dari luar untuk memprakrasainya.
“Bisa saja ada tapi itu inisiatif dari luar, namanya unsolisitip diprakarsai perusahaan tertentu untuk membangun dan membiayai semuanya. Selanjutnya harus mengurus apa yang namanya FS (Feasibility Study/sudi kelayakan) dan DED (Detail Engineering Design/rancangan teknik rinci) lalu diusulkan ke Kementerian PU. Kalau sudah disetujui oleh Menteri baru dikerjakan, tapi itu tetap namanya unsolisitip artinya dibiayai oleh yang memprakarsai atau tidak dibebankan kepada negara. Contohnya Jalan Tol Bali, tidak ada dalam sistem jaringan jalan tol nasional,” ungkapnya.
Lanjut dikatakan Mantik, pemerintah akan rugi kalau dipaksakan pembangunan hanya Tol Manado-Tomohon.
“Rugi kalau cuma Manado-Tomohon, harusnya sampai ke Amurang. Karena untuk pembangunan jalan tol perhitungannya harus berimbang misalnya 20.000 satuan mobil penumpang yang melintas baru bisa beroperasi. Jika tidak nantinya akan rugi, mengingat biaya pemeliharaan dan operasi didapat dari tol tersebut,” kata Mantik.
“Pemerintah Provinsi Sulut maupun kabupaten/kota yang ingin adanya pembangunan jalan tol harusnya memberitahukan kepada kami sebelumnya, mana konsep dari pembangunan Tol Manado-Tomohon,” pungkasnya.
Menanggapi hal tersebut, warga Kelurahan Kinilow Kota Tomohon Jeffrie Montolalu sangat menyesalkan sikap dan kebijakan Pemerintah Provinsi dan Kota Tomohon yang terlalu cepat mewacanakan pembangunan Tol Manado-Tomohon ke publik.
“Ternyata antara Pemerintah dengan BPJN XV yang merupakan perpanjangan tangan Kementerian PU, belum ada kesepahaman maupun kesepakatan soal pembangunan Tol Manado-Tomohon. Hal ini kalau sampai tidak terealisasi pembangunannya, maka sudah bersifat pembohongan publik,” sesal Montolalu.* (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY