Masalah Listrik Terus Dikeluhkan, Teddy Kumaat Usul Bentuk Desa Percontohan

0
50

Teddy Kumaat dan Ferdinand Mangumbahang

CINTASULUT.COM,- Pihak Eksekutif dan Legislatif kian seriusi masalah ketersediaan listrik di Provinsi Sulut. Walaupun sudah ketambahan 60 megawatt, namun tetap saja problem listrik padam terus terjadi. Padahal, gubernur waktu lalu sempat menyuarakan akan membantu pihak PT. PLN Suluttenggo terkait penggantian kabel listrik yang sudah usang. “Kapal saja bisa diadakan apalagi kabel. Tinggal tunggu proposal dari pihak PLN,” ujar Gubernur waktu lalu di gedung cengkih.
Bukan hanya itu, usul pun terucap dari salah satu Legislator di Deprov, Ferdinand Mangumbahang. Dikatakan Mangumbahang, Pemprov bisa membangun PLTA sendiri, melihat kondisi daerah yang mempunyai begitu banyak sungai (kuala) dan hampir di tiap desa.
“Bisa, bangun PLTA khusus punya pemprov. Sulut saat ini sudah memiliki BUMD, tak ada salahnya menyediakan energi listrik sendiri,” ujar Mangumbahang saat hearing atau dengar, Rabu (1/3/2017).
Usul lain pun muncul dari Legislator Teddy Kumaat. Menurutnya, pemprov harus memiliki langkah-langkah yang kreatif dan inisiatif, harus ada solusi baru yang bisa memecahkan masalah terkait sering lampu padam. “Bukan bekerja out of the box. Karena kan PLN begini terus, cerita ini sudah puluhan tahun yang lalu. Dulu bilang kurang pembangkit, setelah lebih dari cukup ternyata tidak mengatasi masalah. Berarti ada persoalan lain,” ucap Kumaat.
Untuk itu, salah satu langkah yang bisa mengatasi masalah adalah dibentuknya desa percontohan. “Pembangkit sendiri dan jaringan sendiri. Ya, dimulai dulu dari desa yang kecil, begitu bisa baru ke desa yang lain, dan berikut ke tingkat kecamatan. Kalau berharap pada PLN masalah klasik terus,” ungkap dia sembari mencontohkan negara Belanda yang memiliki listrik desa.
Ditambahkan pula, masalah listrik bukan pada pembangkit melainkan pada jaringan. “Sampai ada anekdot mengatakan PLN gardunya chasing Jerman mesin Cina. Jadi, coba kita cari langkah-langkah inisiatif memecahkan kebuntuan masalah kelistrikan. Coba Bappeda buat satu desa percontohan,” tukas Kumaat seraya menambahkan bila usulan tersebut bukan usaha menghadang PLN melainkan usaha membuat perusahaan tersebut lebih maju lagi.* (jane)

==========

Tulisan lain:

LEAVE A REPLY