Menkes dan Ketua Komisi IX Tinjau Langsung Pelaksanaan Vaksinasi Massal di Manado

0
2

IMG-20210306-WA0001

CINTASULUT.COM,- Para lanjut usia (Lansia) dan pedagang di Pasar Pinasungkulan Karombasan di Manado, Jumat(5/3/2021) sejak pukul 9:00 wita mengikuti suntik vaksin covid-19 jenis Sinovac di sejumlah tempat antara lain, di gedung Auditorium UNSRAT, Puskesmas Ranotana Weru, dan gedung Graha Pemprov Sulut.
Menariknya, pelaksanaan vaksinasi massal tersebut dipantau langsung Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Runtuwene.
Sebelumnya dalam jumpa pers di ruang Auditorium UNSRAT, Menkes mengatakan bahwa dengan vaksin bisa mengurangi laju penularan virus covid-19.
“Pendemi tidak bisa hilang hanya dalam jangka waktu satu tahun, nggak ada itu,” ucap Menkes.
Diucapkan juga oleh Menkes Budi Gunadi Sadikin, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghentikan pandemi.
“Yang pertama adalah perilaku. Apa itu yaitu pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. Setiap pandemik karena itu lama strategi yang paling penting dilakukan adalah perubahan perilaku untuk mengurangi laju penularan,” terang Menkes.
Budi Gunadi Sadikin juga mengungkapkan bila vaksin tidak 100 persen melindungi dari serangan virus tersebut.
“Vaksin itu secara drastis mengurangi resiko kalau kita terkena virus corona,” ucap dia sembari mengingatkan agar masyarakat harus tetap menerapkan himbauan pemerintah yaitu 3 M.
Ditegaskannya pula bahwa vaksin yang saat ini digunakan di Indonesia masih efektif terhadap varian-varian yang terus bermutasi.
Sementara Ketua Ketua Komisi IX, Felly Runtuwene mengingatkan bahwa betapa pentingnya menjalankan protokol kesehatan dan vaksin bagi masyarakat.
“Supaya kita bisa melindungi orang-orang di sekitar kita,” tutup Runtuwene.
Turut hadir dalam jumpa pers tersebut adalah Rektor UNSRAT Manado, Ellen Kumaat; Direktur Utama RSUP Prof. Kandou, Jimmy Panelewen; Direktur Utama Bank SulutGo, Djefry Dendeng; dan Kepala Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan, Maxi Rondonuwu.* (jane)

LEAVE A REPLY