Minta Kejelasan Rencana Pembangunan SMAN Bunaken, Warga Mengadu Kepada Richard dan Careig

0
64
Richard Sualang (kiri) dan Careig Runtu (kedua dari kiri) saat menerima aspirasi dari sejumlah warga Bunaken, Rabu (16/1/2020) di ruang rapat Komisi IV DPRD Sulut
Richard Sualang (kiri) dan Careig Runtu (kedua dari kiri) saat menerima aspirasi dari sejumlah warga Bunaken, Rabu (16/1/2020) di ruang rapat Komisi IV DPRD Sulut

CINTASULUT.COM,- Menanti kejelasan pembangunan gedung sekolah SMA Negeri Bunaken yang tak kunjung direalisasi, akhirnya sejumlah warga Bunaken menyambangi gedung DPRD Sulut di bilangan Jalan Kairagi Manado, Rabu (16/1/2020) kemarin.
Menurut salah satu warga, Charles Samadi, pembangunan sekolah SMA Negeri Bunaken penting. Pasalnya, banyak anak yang terpaksa tidak bisa melanjutkan studi hingga jenjang Menengah Atas dengan alasan sekolah yang ada yakni SMA Negeri 3 over kapasitas.
“Kami sangat mengharapkan SMA Negeri itu segera dibangun. Di sana (Kepulauan Bunaken, red) orang-orang susah, mau sekolahin anak-anak di kota agak berat. Jadi, kami sangat membutuhkan SMA Negeri ini,” tutur Samadi kepada sejumlah awak media kemarin di ruang rapat Komisi IV.
Lebih lanjut dikatakan Samadi, informasi yang pernah diterima dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulut waktu itu, alokasi dana untuk pembangungan SMA Negeri Bunaken ini sudah tersedia.
“Tapi, sudah sekian lama belum dibangun. Sampai sekarang ini, seakan-akan didiamkan. Tolong perhatian dari pemerintah daerah. Tolong agar SMA Negeri Bunaken segera dibangun,” keluh dia.
Dirinya pun mengungkapkan bahwa hal ini pernah dibicarakan di DPRD Sulut. Bukan hanya itu, lokasi pembangunan SMA tersebut telah disiapkan.
“Surat-surat sudah lengkap, kurang pembayaran, nomor rekening sudah diserahkan. Kami tidak tahu apa masalahnya. Kepala Dinas Praskim tahu persis masalah ini, kita sudah lengkapi semua,” tutur Samadi.
Menanggapi itu, Careig Runtu (Wakil Ketua Komisi IV) dan Richard Sualang (Anggota) yang menerima langsung aspirasi tersebut menyampaikan bahwa aspirasi tersebut akan dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Provinsi.
“Kami baru tahu informasi ini, dan secepatnya akan kami tanyakan kepada Dinas Pendidikan,” ucap keduanya sembari meminta agar staf Komisi IV mencatat aspirasi tersebut untuk ditindaklanjuti.
Terpisah, mantan personil Komisi IV, Youngky Limen yang kini terdaftar di Komisi III Bidang Infrastruktur menyampaikan bahwa pada periode lalu dirinya sudah menyampaikan aspirasi tersebut, dan informasi yang diterima dari Dinas Pendidikan bahwa pembangunan SMA Negeri Bunaken sudah disetujui Gubernur.
“Katanya tidak ada masalah. Tapi katanya menurut Kadis ada kebijakan baru, dana itu dipindahkan ke pembangunan SMA Malalayang. Yang saya sesalkan, kalau memang ada kebijakan seperti itu jangan janji,” tutur Limen sembari manambahkan bahwa tidak ada maksud apapun selain tugas dan tanggung jawab sebagai Legislator dari Dapil Manado.
Ditegaskan lagi oleh Limen, keberadaan SMA Negeri Bunaken sangat dibutuhkan.
“SMA N 3 tidak mempu menampung seluruh siswa. Terpaksa balik ke kampung, mengail ikan dan dorong perahu, kasihan,” tutup dia. (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY