Olly Dondokambey: Ekonomi Sulut Terus Tumbuh

0
66
Suasana Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka HUT Sulut ke-52
Suasana Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka HUT Sulut ke-52

MANADO, CINTASULUT.COM.- Perkembangan perekonomian Sulawesi Utara terus menunjukkan kinerja yang sangat menggembirakan.  Pada Triwulan II tahun 2016 perekonomian Sulawesi Utara tercatat terus tumbuh dan berada pada angka 6,14%.  Angka ini lebih baik dibanding dengan perekonomian nasional yang tumbuh sebesar 5,18% berdasarkan lapangan usahanya.

Demikian disampaikan oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Sulut dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Utara ke-52 Jumat kemarin (23/9).

Menurut Olly Dondokambey, pertumbuhan ekonomi itu ditopang oleh pertumbuhan empat lapangan usaha utama di Sulawesi Utara, yaitu usaha pertanian, konstruksi, perdagangan, dan transportasi, termasuk di dalamnya pariwisata.

Pertumbuhan ekonomi ini berdampak langsung pada upaya mengurangi kemiskinan dan pengangguran.  Ini terlihat dari penurunan angka kemiskinan sebesar 0,58% dari 8,98% pada tahun 2015 menjadi 8,4% pada semester pertama tahun 2016 ini.  Sementara tingkat pengangguran turun menjadi 93.000 jiwa dari 99.200 jiwa pada akhir 2015 dengan tingkat pengangguran terbuka menurun menjadi 7,82% dari 9,03% pada tahun 2015.

Menurut Olly, usia ke-52 tahun bagi Sulawesi Utara memang bukan suatu usia yang muda lagi, melainkan sudah memasuki usia cukup matang dalam menapaki kesuksesan ke depan.

“Dalam kurun waktu ini, tentunya kita sepakat, provinsi yang kita cintai ini senantiasa menunjukan geliat pembangunan yang menjanjikan dan prospektif,” ujar mantan anggota DPR RI dari Dapil Sulut itu.

Oleh karena itu pada kesempatan itu, Gubernur mengucapkan terimakasih kepada para pimpinan dan anggota legislatif yang selama ini telah bekerjasama dengan baik dalam rangka membawa Sulawesi Utara ke arah yang lebih baik.

Olly juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama dengan para pimpinan dan wakil rakyat mengedepankan gotong-royong dan kebersamaan dalam membangun Sulawesi Utara menuju masa depan yang lebih baik.  ‘’Dengan momentum hari ulang tahun provinsi di tahun 2016 ini, segala keberhasilan yang telah dicapai harus dipertahankan dan dikembangkan agar terus menerus daerah nyiur melambai ini tetap jaya dan maju,’’ ujar Dondokambey.

Menurut Olly, keberhasilan pembangunan Sulawesi Utara adalah berkat akumulasi kerja dari segenap komponen pembangunan, termasuk dukungan masyarakat.  Tentunya juga karena kokohnya pilar-pilar penyangga pembangunan daerah yang telah dirintis para pendiri serta para pemimpin terdahulu.  Oleh karena itu momentum peringatan HUT ke-52 ini, perlu dimaknai sebagai bentuk apresiasi kepada pelaku sejarah pembangunan di Sulut yang telah memberikan kontribusi dalam kemajuan pembangunan di daerah ini.* (Fendy)

LEAVE A REPLY