Pemerintah Wajib Pilih Investor Asing di Sulut

Felly Runtuwene Sentil Berdayakan Investor Lokal

0
42
Felly Runtuwene
Felly Runtuwene

CINTASULUT.COM,- Pemerintah provinsi Sulawesi Utara terus berupaya mendatangkan investor dari luar guna meningkatkan sektor perekonomian. Namun demikian, pemerintah baik Provinsi, Kabupaten/Kota pun wajib perhatikan siapa saja investor yang ingin berinvestasi di Sulut. Pasalnya, sesuai fakta yang terjadi sebelumnya, justru kehadiran para investor di Daerah Nyiur Melambai ini menjadi bumerang bagi terhadap masyarakat. Hal ini juga jadi perhatian dari Legislator dua periode di DPRD Sulut, Felly Runtuwene.
Menurutnya, dampak hadirnya investor asing wajib jadi inti perhatian pemerintah terhadap kehidupan terutama perekonomian masyarakat.
“Masyarakat sebenarnya memang ngga mau, yang tadinya dipikir mereka itu investor tapi kadang-kadang mau mencari pekerjaan disini (Sulut). itu bahaya. Jadi bagaimana pemerintah harus tajam melihat. sebelum diundang harus dicari tahu latar belakangnya,” ujar Felly usai menghadiri paripurna pidato kenegaraan Presiden RI, Rabu (16/8/2017).
Ditambahkan pula, ketimbang banyak mengundang investasi asing, pemerintah sebaiknya memikirkan untuk memberdayakan invstasi lokal.
“Orang lokal, banyak juga kok mereka. Berikanlah kesempatan sebelum mengundang investasi luar, jangan sampai orang dalam tidak ada diberi kesempatan,” kata politisi Nasional Demokrat (Nasdem) ini.
Lanjut dikatakan Felly, investor asing yang ingin menginvestasikan dananya harus tunduk dengan aturan daerah setempat dalam hal ini Pemerintah Provinsi Sulut. Begitu juga dengan pemerintah agar tidak mempersulit segala urusan perijinan yang dibutuhkan investor.
“Mereka (Investor) juga ketika diundang dan menginvestasikan dana, jangan menggampangkan semuanya. Mereka harus tunduk dengan aturan daerah kita. Pemerintah juga jangan buat susah, mungkin saja pengurusan tidak lebih dari 6 bulan selesai tapi ditunda-tunda sampai pemerintahan berganti. Contoh di Bolmong, dari jaman Gubernur Mangindaan pengurusan suratnya tak kunjung selesai. Kenapa tidak bisa selesai ? Sampaikan ke pengusaha kalau tidak bisa atau tidak mampu mengurus segala sesuatunya,” terang legislator Dapil Minahasa Selatan ini.
“Intinya keberadaan investasi asing kembali ke diri kita sendiri. Jujurlah ke diri kita, baik itu pemerintah pusat maupun daerah,” pungkas Felly.* (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY