Penutupan Jalan di Belakang Polsek Urban Kotamobagu Sesuai SOP Polri

0
130
Ruswan Buntuan, Kapolslek Urban Kotamobagu
Ruswan Buntuan, Kapolslek Urban Kotamobagu

KOTAMOBAGU, CINTASULUT.COM,- Penutupan akses jalan di belakang kantor Polsek Urban Kotamobagu, yang dilakukan Kapolsek Kompol Ruswan Buntuan, sudah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) Polri.
Ruswan ketika bersua dengan Cintasulut.com, Kamis  (03/11/2016) mengatakan, sebelum ditutupnya jalan di belakang kantor Polsek itu. Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, telah menyiapkan jalan alternatif untuk warga.
Penutupan jalan itu, menurut Ruswan, dilakukan sesuai aturan yang tertera dalam SOP Polri. “Itu kan kesatriaan, tidak boleh dipakai orang berlalulalang atau dijadikan jalan umum, kecuali kesatriaan yang berada di dalam. Kenapa sampai ada aturan seperti itu, karena segi keamanannya. Di dalamnya ada kantor Polisi, asrama Polisi, ada tahanan dalam sel, ada juga persenjataan. Makanya kita tutup jalan yang ada di belakang demi kebaikan wilayah yang sama sama kita cintai ini,” ujar Ruswan.
Ruswan menambahkan, penutupan jalan itu juga atas sepengetahuan Kapolres Bolmong AKBP William Simanjuntak. “Kapolres juga tahu apa yang saya lakukan itu. Tujuannya untuk menciptakan keamanan markas komando Polsek Urban Kotamobagu, agar tidak akan terjadi hal hal yang kita tidak inginkan,” jelasnya.
Bahkan, kata Ruswan tak hanya warga di belakang kantor Polsek yang tak bisa menggunakan akses jalan itu. Anggota kepolisian juga mengalami hal yang sama.
Ruswan menjelaskan, sebelum dirinya menjadi pimpinan di Polsek Urban Kotamobagu, penutupan jalan itu sudah direncanakan. “Saya berharap masyarakat memaklumi apa yang dilakukan ini,” jelas Ruswan.
Sebelumnya, masyarakat sempat menolak aksi penutupan akses jalan yang dilakukan Kapolsek tersebut.* (herman)

LEAVE A REPLY