PN Manado Terapkan Standar Peradilan Unggul

0
144
Pengadilan Negeri Manado Terapkan Standar Unggul.
Pengadilan Negeri Manado Terapkan Standar Unggul.

CINTASULUT.COM,- Luar biasa, mungkin ini adalah sebait kalimat terucap untuk Pengadilan Negeri (PN) Manado saat ini. Mengapa tidak, setelah sukses dengan berbagai prestasi tak membuat PN Manado berhenti untuk terus melakukan pembenahan.
Kali ini penerapan standar Peradilan Unggul tingkat dunia berlaku di PN Manado.
“Pembenahan di Pengadilan Negeri (PN) Manado berlangsung cepat, keras, dan terus bergerak tanpa suara. Seperti sulap. Kemarin masih begini, dalam semalam tau-tau sudah berubah secara drastis,” ujar Juru Bicara (Jubir) PN Manado, Vincentius Banar, SH. MH lewat pesan group WhatsApp, Kamis (18/1/2018).
Lanjutnya lagi, dari pembenahan sistem penanganan perkara, peningkatan pelayanan kepada pencari keadilan, sampai kepada dibentuknya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Semua dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan hukum.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan hokum, PN Manado membentuk Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)..
Untuk meningkatkan kualitas pelayanan hokum, PN Manado membentuk Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)..

Yang terbaru, perubahan lobi utama gedung pengadilan, dengan dipasang tulisan dalam bahasa Inggris, yang berbunyi: International Framework For Court Excellence (I.F.C.E).
Pertanyaannya, apakah ada hubungan dengan perubahan di Pengadilan Negeri Manado?
Menjawab itu, Hakim Banar mengatakan, “Kalimat itu adalah panduan kerangka kerja untuk peradilan unggul. Sebagai standar pelayanan peradilan elite di seluruh dunia,” terang dia.
Tak berhenti sampai di situ, pertanyaan selanjutnya pun muncul. Apakah akan diterapkan di Pengadilan Negeri Manado?
“Bukan hanya akan, tapi sudah dilaksanakan. Ketua PN Manado yang sekarang sangat menguasai hal tersebut. Saat ini, Pengadilan Negeri seluruh Indonesia diwajibkan menerapkan, dan Manado akan menjadi salah satunya,” ungkap Hakim Banar diiringi senyum.
Tantangan pun mencuat, apakah PN Manado sanggup untuk menerapkannya.
“Kenapa kami yakin bisa? Karena Ketua PN Manado, adalah pelopor, dan justru orang yang memperkenalkan sistem ini di Pengadilan Indonesia. Sampai sekarang, sudah beberapa pengadilan beliau bawa sampai diakui taraf internasional. Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung, beliau ditunjuk secara resmi sebagai konsultan bagi Pengadilan Negeri seluruh Indonesia,” ucapnya.
Namun demikian dukungan sangat diharapkan dari seluruh lapisan masyarakat.
“Doa seluruh masyarakat kota Manado sangat kami harapkan, semoga upaya PN Manado berhasil. Untuk membawa harum nama Sulawesi Utara,” tandas Hakim Banar.* (jane)

==========

Tulisan lain:

LEAVE A REPLY