POLDA Resmi Limpahkan Berkas Mailangkay ke Kejati Sulut

0
11
ilustrasi lampu solar cell
ilustrasi lampu solar cell

CINTASULUT.COM,- Akhirnya berkas kasus Solar Cell Manado yang menjerat tersangka BJM alias Mailangkay, resmi dilimpahkan POLDA Sulut ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut. Hal ini disampaikan Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Sulut AKBP Robby M Rahadian.
“Benar, berkas perkara tersangka Mailangkay telah kita limpahkan ke Kejati Sulut,” jelas Rahadian Selasa (20/02/2018) kepada wartawan.
Masih oleh Rahadian, berkas tersebut sudah dilimpahkan sejak minggu lalu.
“Minggu lalu kita limpahkan ke Kejati Sulut, kita telah serahkan kepada penyidiknya,” tandas Rahadian.
Sementara itu pihak Kejati sendiri ketika dikonfirmasi lewat Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Yonie E Malaka ikut membenarkan pelimpahan tersebut. “Tadi saya sudah cek berkasnya sudah diterima,” tandas Malaka.
Diketahui, sebelumnya Mailangkay telah mengajukan praperadilan penetapan tersangka di Pengadilan Negeri (PN) Manado. Alhasil, Praper tersebut ditolak Hakim Tunggal Ferry Sumlang, hingga akhirnya Polda kembali memproses lanjut Mailangkay.
Dalam kasus ini diketahui kalau tersangka Mailangkay selaku mantan Kadistakot Manado tidak hanya sendiri. Dirinya bersama tersangka Salindeho yang pada waktu itu menjabat selaku Ketua Pokja ULP. Keduanya diduga kuat ikut terlibat dalam proyek Solar Cell berbanderol Rp9,6 miliar.
Keterlibatan kedua tersangka itu, sempat terungkap di fakta persidangan, ketika berkas terdakwa Paulus Iwo, Ariyanti Marolla, Robert Wowor dan Lucky Dandel disidangkan Majelis Hakim. Usai, Majelis Hakim menvonis bersalah keempatnya, penyidik Tipikor ikut melakukan pengembangan, dengan menetapkan Salindeho dan Mailangkay sebagai tersangka atas proyek yang merugikan Keuangan Negara sebesar Rp3 miliar lebih.* (jane)

==========

Tulisan lain:

SHARE

LEAVE A REPLY