Prihatin Tindakan Gantung Diri Anak, Ini Himbauan Ketua LPAI Sulut

0
68
E.K. Tindangen, SH
Adv. E.K. Tindangen, SH

CINTASULUT.COM,- Kabar menggemparkan yang tersebar belum lama ini, dimana ada seorang anak asal Desa Imandi Kecamatan Dumoga Kabupaten Bolaang Mongondow nekat mengakhiri hidup dengan cara gantung diri dengan seutas tali raffia. Aksi nekat sang anak ini sangat disesalkan berbagai pihak. Ini juga yang ditunjukkan Ketua LPAI Sulut, Adv. E.K.Tindangen, SH.
Dikatakan Tindangen saat diwawancarai awak media, prihatin bila ada anak jelang remaja mempunyai pikiran untuk mengakhiri hidup dengan cara tragis. Padahal, usia tersebut seharusnya dipenuhi warna ceria dan semangat untuk menggapai cita-cita.
“Untuk anak yang dibuli dan akhirnya gantung diri saya sangat disesali dan memprihatinkan,” tutur Ketua LPAI Sulut saat ditemui awak media di ruangan kerjanya, Kamis (9/2/2018) lalu.
Tambah Tindangen, seharusnya anak diusia tersebut disediakan banyak kegiatan positif seperti kegiatan rohanian.
Diimbau Tindangen dalam mengantisipasi itu, pemerintah harus bertindak cepat dan tepat.
“Dinas terkait dalam hal ini pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di kabupaten itu lebih proaktif. Bekerjasama dengan pemerintah setempat untuk mengumpulkan para orang tua untuk sharing,” tutur dia.
Tindangen juga mengusulkan agar pemerintah membuat satu program pemahaman terhadap orang tua.
“Dengan cara menghadirkan para narasumber baik lokal ataupun nasional. Intinya, memberikan pemahaman hukum, idukasi tentang anak. Anak itu harus dihargai. Orang tua juga harus diberikan pemahaman hukum bahwa adanya undang-undang tentang perlindungan anak. Itulah tugas pemerintah yang harus memberikan sosialisasi hingga di kelurahan,” terang Tindangen.
Menurut Tindangen, pemahaman hukum sangat penting diketahui para orang tua.
“Banyak orang tua yang tidak tahu bahwa perlakuan keras terhadap anak sudah melanggar hukum. Jadi, pemerintah harus turun tangan untuk memberikan himbauan hukum tentang undang undang perlindungan anak,” tandas yang juga Ketua POSBAKUM PN Manado ini.* (jane)

==========

Tulisan lain:

SHARE

LEAVE A REPLY