Pua Tepis Anggapan DPD RI “Kurang Menggigit”

0
37
Marhany Pua, senator DPD RI.
Marhany Pua, senator DPD RI.

CINTASULUT.COM,- Pendapat yang mengatakan bahwa DPD RI saat ini tidak lagi memiliki kekuatan dalam kelembagaan, bahkan mencuat opini agar lembaga tersebut sebaiknya dibubarkan karena dianggap “kurang menggigit” dibantah tegas Marhani Pua, salah satu senator di DPD RI.
“DPD tetap exis,” ucap Pua usai dilaksanakan tanya jawab antara remaja teladan GMIM dengan Legislator DPRD Sulut, Selasa (25/7/2017) kemarin.
Bahkan dirinya mengakui bahwa di DPD RI sedang terjadi dinamika internal.
“Terkait kepemimpinan,” kata dia.
Namun demikian itu bukan berarti DPD RI tidak memperjuangkan aspirasi daerah termasuk Sulut.
“Meskipun terlihat tidak terlalu menonjol seperti DPR RI, tetapi kan intinya DPD mengawal aspirasi daerah untuk pembangunan daerah, mengawal usulan anggaran daerah, mengawal proyek-proyek strategis daerah dan juga mengawal supaya kebijakan-kebijakan nasional berpihak pada daerah,” aku Pua.
Saat ditanyakan apa saja aspirasi Provinsi Sulut yang terrealisasi, dengan tegas dikatakannya bahwa banyak termasuk meningkatnya penganggaran untuk daerah.
“Salah satu tugas DPD memberikan pertimbangan APBN soal anggaran daerah. Torang (kita) meningkat terus. Dari dulu waktu saya anggota DPD hanya 900 miliar, sekarang sudah menembus 3 triliun lebih untuk anggaran daerah ini, secara keseluruhan ada 15 triliun untuk 15 kabupaten/kota. Disitu ada peran DPD untuk mengawal usulan anggaran daerah. Kemudian proyek-proyek strategis daerah seperti jalan tol Manado-Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus, juga beberapa proyek untuk pembangunan wilayah perbatasan. Itu terus diperjuangkan DPD RI meskipun bukan secara langsung pemegang keputusan,” tukas Pua menutup percakapan.* (jane)

==========
Tulisan lain:

SHARE

LEAVE A REPLY