Rapat Pansus LKPJ dan Disnakertrans Sulut, Tumundo Beberkan Data Pekerja di-PHK dan Dirumahkan

0
4
Erny Tumundo, Kadisnakertrans Sulut
Erny Tumundo, Kadisnakertrans Sulut

CINTASULUT.COM,- Rapat antara Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keuangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tiap SKPD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali digelar, Kali ini ada empat SKPD yang harus memaparkan LKPJ di hadapan Tim Pansus yang diketuai Rocky Wowor.
Saat rapat dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulut yang dihadiri langsung Kepala Dinas, Erny Tumundo terungkap bahwa data hingga 17 April 2020 sudah ada 2600 tenaga kerja yang di-PHK dan 3190 yang dirumahkan dari 315 perusahaan yang ada di Sulut. Ini akibat dampak Covid 19.
Ini juga kembali ditegaskan Tumundo saat diwawancarai awak media usai rapat.
“Terkait dampak Covid-19 bagi sektor ketenagakerjaan berdasarkan data yang sudah kami himpun, ada 315 perusahaan yang mengalami dampak yang sangat besar, dan yang terbesar di sektor pariwisata. Dari 315 perusahaan, 2600 yang di-PHK dan 3190 yang dirumahkan,” ungkap Tumundo.
Lanjut dikatakan Tumundo, Disnakertrans Provinsi tetap melakukan pendataan terkait ketenagakerjaan yang terdampak Covid-19.
“Kemarin kami juga sudah mendapat konsultasi dari beberapa perusahaan, dimana ada beberapa perusahaan yang akan melakukan PHK dan dirumahkan (merumahkan karyawan, red) karena belum tahu sampai kapan Covid-19 ini berakhir,” tandas Tumundo.* (jane)

LEAVE A REPLY