RDP RKA 2019, Amir Liputo Desak ESDM Anggarkan Pengadaan Air Bersih

0
11
Suasana rapat dengan pendapat Komisi III DPRD Sulut dengan Dinas ESDM Sulut, Selasa (30/10/2018) terkait Rencana Kerja Anggaran (RKA) 2019.
Suasana rapat dengan pendapat Komisi III DPRD Sulut dengan Dinas ESDM Sulut, Selasa (30/10/2018) terkait Rencana Kerja Anggaran (RKA) 2019.

CINTASULUT.COM,- Komisi III Bidang Infrastruktur DPRD Sulut bersama mitra kerja Pemprov Sulut, Selasa (30/10/2018) melaksanakan rapat dengar pendapat (RDP) terkait Rencana Kerja Anggaran (RKA) Tahun 2019.
Saat RDP antara Komisi III dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulut, Hi.Amir Liputo selaku Wakil Ketua Komisi III menghimbau agar dinas tersebut memperhatikan ketersediaan air bersih untuk masyarakat.
“Setiap kali kami lakukan reses, air bersih selalu menjadi aspirasi masyarakat. Untuk itu, coba diperhatikan dan ditata dalam penganggaran APBD nanti,” tutur Liputo dalam rapat.
Bahkan, Legislator Dapil Manado ini memaparkan bahwa tidak harus membutuhkan banyak anggaran untuk menyediakan air bersih untuk masyarakat.
“Waktu itu saya mengeluarkan uang sekitar 60 juta untuk bor air di kompleks rumah saya. Dan, saat ini air bersih bisa digunakan masyarakat,” ujar Liputo.
Politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini secara terang menanyakan, apakah Dinas ESDM bisa menganggarkan dalam APBD 2019 nanti.
“Ini kan tidak harus dengan anggaran besar 500 juta. Jadi, apakah 150 juta bisa diatur di APBD untuk pengadaan air bersih?” desak Liputo.
Mendapat usulan tersebut, Kepala Dinas ESDP Sulut, Ir. Bach Adrianus Tinungki, M. Eng, mengatakan, tentu saja bisa diatur dalam APBD.
“Hanya saja belum bisa dipastikan besaran anggaran. Memgingat, tiap lokasi itu berbeda. Ada lokasi berbatuan dan sulit, itu tentu saja membutuhkan anggaran yang besar. Tapi, bisa ditata di APBD,” jelas Tinungki.
Usulan lain di RDP RKA tersebut, Komisi III menyentil terkait anggaran untuk menunjang berbagai program peninjauan dan pengawasan di ESDM masih minim, butuh perhatian dan penambahan anggaran.* (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY