‘Salawaku’ Ungguli ‘Athirah’ Dalam AFI 2016

0
119

salawaku-juara-afi-2016

CINTASULUT.COM,- Film ‘Salawaku’ arahan sutradara Pritagita Arianegara berhasil meraih Piala Dewantara Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016 untuk kategori Film Panjang Bioskop. Film produksi Kamala Films yang dibintangi oleh Karina Salim, Raihaanun, J Flow Matulessy, Shafira Umm, dan Elko Kastanya ini menyisihkan empat film nominasi lain yaitu Athirah (Produksi Miles Film), Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara (Produksi Film One Production), Surat Cinta Untuk Kartini (Produksi MNC Pictures), dan The Window (Produksi Triximages dan Dash Pictures).

Salawaku merupakan filim drama bergenre road movie yang mengambil syuting di Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. Berkisah tentang perjalanan dua manusia yaitu Salawaku (Elko Kastanya) dan Saras (Karina Salim) yang berbeda usia, berbeda kepentingan, dan berbeda sifat dimulai. Hingga muncul Kawanua (J Flow), kakak angkat Salawaku yang menyusul Salawaku. Salawaku menerima Kawanua dalam perjalanan mereka karena percaya pada lelaki tersebut.

Kebaikan Kawanua membutakan mata Saras dan Salawaku. Saras perlahan melupakan patah hatinya dan mengalihkan rasanya pada Kawanua. Hingga di satu titik Salawaku menyadari mereka menjauhi Piru, kota di Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, dimana kabarnya kakak Salawaku yaitu Binaiya (Raihaanun) berada. Berbagai konflik dan drama menyertai kisah perjalanan mereka sebelum bertemu Binaiya.

Seperti halnya film berlatar belakang Maluku lainnya, film yang ditulis oleh Titien Wattimena dan Iqbal Fadly ini juga menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa universal Ambon.  Meski belum memiliki jadwal tayang di bioskop-bioskop tanah air, namun Salawaku sudah terpilih juga menjadi  salah satu dari 12 film Indonesia yang akan tampil dalam Festival Film Internasional Tokyo (TIFF) ke-29 pada 25 Oktober hingga 3 November 2016.* (Fendy)

LEAVE A REPLY