Soroti Pengerjaan Jalan, Liputo Tegas Dinas PU Jangan Setengah setengah

0
53
Amir Liputo.  Anggota DPRD Sulut.
Amir Liputo. Anggota DPRD Sulut.

CINTASULUT.COM,- Saat rapat Ranperda Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2017 Komisi III bidang Pembangunan DPRD Sulut dan Dinas PU Provinsi Sulut, Rabu (16/11/2016) kemarin, H. Amir Liputo Wakil Ketua Komisi III menegaskan, agar pekerjaan proyek seperti pengerjaan jalan dilakukan sampai tuntas. “Jangan sepotong sepotong atau setengah setengah. Seperti pelebaran jalan yang ada di perempatan Pandu melewati Wori sampai ke Watuseki. Dari dulu pengerjaannya hanya sepotong-sepotong,” ujar Liputo.
Lebih membingungkan lagi lanjut Liputo, di area tersebut justru dilakukan penggalian atau di buat lubang. “Proyek apa itu? Masyarakat mengeluh dan bahkan sudah ada kendaraan yang jatuh,” tanya dia.
Disamping itu, Legislator dari dapil Manado ini mengimbau agar dinas terkait menggunakan anggaran sebaik mungkin. Termasuk pembangunan drainase. “Percuma, walaupun anggaran tidak terbatas jika tidak dibuatkan drainase, jalan tersebut akan rusak kembali. Itu harus kita sepakati. Apalagi di wilayah-wilayah Kepulauan Sangihe, dengan kontur tanah seperti berbukit dan sebagainya, kalau tidak ada drainase selesai sudah. Kedepan kalau bisa, pak Kadis bisa merencanakan 20 kilometer jalan provinsi yang dibuat, demikian juga dengan drainasenya. Itu berarti ada 40 kilometer drainase di sisi kiri dan kanan, sehingga anggarannya harus diplot seperti itu,” terang Legislator yang di usung Partai PKS.
Hal lain diimbau Liputo, meskipun anggaran kecil, namun bisa dioptimalkan.
“Anggaran yang ada kita optimalkan, jangan lagi kita masih membuat jalan dengan anggaran kecil dan hasilnya tidak ada. Yang lama rusak dan yang baru juga akan rusak karena sisi perencanaan tidak tepat,” pungkasnya.
Diketahui untuk APBD 2017 Dinas hanya dialokasikan dana sekira Rp.250 miliar.* (jane)

SHARE

LEAVE A REPLY