Suara Jems Tuuk Bergema di Ruang Paripurna, Minta Ganti Sekda dan Kepala BPJS Minahasa

0
603

Julius Jems Tuuk
Julius Jems Tuuk

CINTASULUT.COM,- Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ir. Julius Jems Tuuk akhirnya menyerukan agar dua pejabat yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa, Frits Muntu dan Kepala BPJS Cabang Tondano, Evran Chandra Nugraha agar diganti. Ini disebabkan beredarnya kabar telah terjadi pemutusan kerjasama antar dua belah pihak yang berimbas pada masyarakat yang menggunakan BPJS yang dibiayai oleh Pemkab Minahasa.
“Maka dari itu, saya mengusulkan jika permasalahan ini tidak diselesaikan pada hari ini atau sampai esok, Komisi IV DPRD Sulut membuat rekomendasi kepada Gubernur Sulut untuk mengganti Sekda Minahasa dan merekomendasikan ke Menteri Kesehatan untuk mengganti pimpinan BPJS di Minahasa, karena mereka sudah lalai dengan tugas utama mereka, melayani kepentingan rakyat dan bukang mo kase tunjung dong pe jago di sana (memperlihatkan kehebatan mereka di Minahasa, red).

Pimpinan BPJS Sulut dan BPJS Minahasa
Pimpinan BPJS Sulut dan BPJS Minahasa

Dikatakan Legislator dua periode di DPRD Sulut ini, ada Undang-Undang dan Peraturan Menteri yang mengatur soal BPJS dan Jaminan Kesehatan Masyarakat.
“Yakni Undang-Undang Dasar 1945 tentang Jaminan Sosial dan Kesejahteraan Rakyat. Kemudian ada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2011 Tentang BPJS, dan terakhir Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2014 soal Jaminan Kesehatan dan Sosial,” ucap Tuuk.

Sekda Kabupaten Minahasa
Sekda Kabupaten Minahasa

Menanggapi komentar Tuuk agar Sekda Minahasa diganti, Muntu di hadapan Komisi IV mengatakan bahwa pejabat harus siap ditempatkan dimana saja dan kapan saja ketika dilantik.
Sekadar untuk diketahui, pemutusan kerjasama ini berawal ketika Pemkab Minahasa menunggak iuran BPJS Kesehatan tahun 2020 sebesar Rp 10 miliar, yang merupakan pembayaran iuran untuk 42.630 jiwa yang mendapatkan subsidi dari Pemkab Minahasa dalam program Jaminan Kesehatan Daerah.

IMG-20210111-WA0008Turut hadir di rapat tersebut yaitu Komisi IV yakni Braien Waworuntu (Ketua), Careig Runtu (Wakil), Melky Pangemanan (Anggota), Yusra Alhapsyi (Anggota), Nursiwin Dunggio (Anggota), Hilman Idrus (Anggota), Melisa Gerungan (Anggota), dan secara virtual adalah Jems Tuuk (Sekretaris), Fanny Legoh (Anggota). Hadir pula BPJS Sulut, BPJS Cabang Manado, Sekda Minahasa, Kadis Sosial Kabupaten Minahasa, dan Kadis Kesehatan Minahasa.* (jane)

SHARE

LEAVE A REPLY