Sustain-Uni Eropa Buktikan, Kualitas PN Manado Bukan Rekayasa

0
16
KPN Manado, Edward Simarmata ,SH.LLM.MTL (tengah), Mr.Felipe Ureta (kanan), Fatahillah ((kiri).
KPN Manado, Edward Simarmata ,SH.LLM.MTL (tengah), Mr.Felipe Ureta (kanan), Fatahillah ((kiri).

CINTASULUT.COM,- Pengacara dari Kota Madrid, Spanyol, Mr. Felipe Ureta terpana saat mengunjungi Pengadilan Negeri (PN) Manado, Rabu (21/2/2018) pagi tadi. Sebagai Penilai Independent yang ditugaskan untuk menilai keberhasilan program pembaruan peradilan di Indonesia, kerjasama Proyek Sustain-Uni Eropa (EU-UNDP Sustain) dan Mahkamah Agung (MA) RI, Ureta tak sanggup menyembunyikan kekaguman atas kemajuan PN Manado dalam melaksanakan berbagai program pembaruan peradilan yang dicanangkan Mahkamah Agung (MA). Bahkan bisa dibilang, beruntun kejutan dialami tamu asing yang dipimpin oleh Fatahillah dari Proyek Sustain.
Adapun pertanyaan yang disampaikan Ureta kepada Ketua PN Manado, Edward Simarmata, SH. LLM. MTL bervariasi. Seperti, bagaimana cara meningkatkan kepuasan masyarakat atas putusan pengadilan, penanganan pengaduan, penyelesaian perkara, pelayanan administrasi pengadilan, transparansi, dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia.
Tidak sekadar diskusi, tamu yang datang bahkan sampai meminta fotokopi berbagai dokumen internal yang ada, sebagai bukti pendukung.

Foto bersama pengacara Posbakum PN Manado, para hakim, dan tim EU-UNDP Sustain.
Foto bersama pengacara Posbakum PN Manado, para hakim, dan tim EU-UNDP Sustain.

Acara dilanjutkan diskusi dengan kelompok pengacara Posbakum PN Manado, didampingi beberapa Hakim.
Disampaikan Mr Felipe Ureta dalam Bahasa Inggris, sebagaimana yang diterjemahkan Indra – penterjemah secara khusus dibawa bersama rombongan, bahwa,
“Melihat keberhasilan/best practices yang dilakukan di PN Manado, seharusnya diterapkan di seluruh pengadilan di Indonesia,” tutur Ureta.
Senada pula dikatakan Fatahillah dari Proyek Sustain kepada Ketua PN Manado Edward Simarmata, SH. LLM. MTL,
“Kami telah mendengar berbagai kemajuan PN Manado, ternyata memang terbukti kualitasnya. Rujukannya ternyata sudah sampai skala internasional,” ucap dia dengan nada kagum.
Dikatakan Hakim Juru Bicara PN Manado, Vincentius Banar, SH. MH, saat dikonfirmasi awak media via pesan WhatsApp mengatakan,
“Keberhasilan PN Manado dalam evaluasi ini, akan disampaikan kepada pimpinan Mahkamah Agung,” tandas dia.* (jane)

==========

Tulisan lain:

LEAVE A REPLY