Tak Puas Putusan Hakim, Jaksa Nyatakan Banding

Kasus Korupsi Dinkes Kepulauan Talaud

0
53
Terdakwa Kasus Korupsi Dinkes Kepulauan Talaud, SL alias Selma, divonis tiga tahun penjara dengan denda Rp 50 juta, subsider dua bulan penjara. Inzet: Jaksa Tulus Sianturi.
Terdakwa Kasus Korupsi Dinkes Kepulauan Talaud, SL alias Selma, divonis tiga tahun penjara dengan denda Rp 50 juta, subsider dua bulan penjara. Inzet: Jaksa Tulus Sianturi.

CINTASULUT.COM,- Oknum bendahara Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Talaud inisial SL alias Selma, oleh Majelis Hakim yang diketuai Vincentius Banar, SH. MH, telah divonis tiga tahun penjara dengan denda Rp 50 juta, subsider dua bulan penjara. Selma juga dibebankan membayar uang pengganti Rp 803.955.340. Dan, jika tidak membayar akan ditambahkan ancaman satu bulan penjara. Hukuman ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum(JPU) Tulus Sianturi yakni tujuh tahun penjara.
Atas putusan tersebut, Sianturi yang berpapasan dengan awak media dan dikonfirmasi terkait itu menyatakan akan tempuh jalur banding.
“Ya, kita nyatakan banding hari jumat tanggal 6 april 2018,” tutur Sianturi, Rabu (11/4/2018) lalu di area parkir gedung PN Manado.
Adapun sikap menyatakan banding tersebut, lanjut dikatakan Jaksa Sianturi karena beberapa hal.
“Pertama, kita tuntut tujuh tahun yang diputus tiga tahun. Kedua, pasal yang dibuktikan menurut pendapat kita seharusnya pasal 2 ayat 1 terkait melawan hukum, malah pasal penyalahgunaan kewenangan (pasal 3),” ungkap Sianturi, sembari menegaskan kembali bahwa JPU baru menyatakan banding dengan alasan putusan legalnya belum ada.
Patut diketahui, SL terjerat kasus penyalahgunaan dana Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Jaminan Persalinan (Jampersal), dan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) 2012.
JPU sendiri telah menjerat SL dengan pasal 3 Undang-Undang Nomor 31/1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan UU Nomor 31 Tahun 1999 pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.* (jane)

==========

Tulisan lain:

LEAVE A REPLY