Target Medali Emas di PON 2020, Palilingan Genjot Olahraga Perahu Layar

0
43
Wellan Palilingan (Direktur Operasional Bank SulutGo) saat uji coba perahu layar di pantai Boulevard Manado.
Wellan Palilingan (Direktur Operasional Bank SulutGo) saat uji coba perahu layar di pantai Boulevard Manado.

CINTASULUT.COM,- Olahraga air yang menggunakan selancar dan layar ini memang belum seheboh jenis olahraga lain di Sulut. Padahal daerah Nyiur Melambai ini memiliki potensi luar biasa, mengingat daerah ini dikelilingi pantai dan danau yang begitu indah dan cocok untuk olahraga tersebut. Wellan Palilingan, Direktur Operasional di Bank Sulut pun bertekad ingin menggali potensi atlet dan pengembangan olahraga air itu.
Dikatakan Palilingan, tipe olahraga itu sangat cocok dengan karakter orang Manado.
“Orang Manado kan pemberani, suka olahraga yang ekstrim, apalagi di sini laut tumpah ruah. Hampir semua kabupaten ada pantai. Jadi, harusnya banyak atlet-atlet yang dihasilkan, khususnya olahraga perahu layar,” ujar Palilingan usai uji coba perahu layar, pekan lalu.
Lanjutnya lagi, untuk Pekan Olahraga Nasional 2020 mendatang di Papua, ada 16 medali emas yang akan diperebutkan pada cabang olahraga perahu layar.
“Diharapkan tahun 2020 ada atlet olahraga ini yang ikut, ada 16 medali yang diperebutkan,” tutur nya.
Namun demikian, untuk menggali atlet-atlet baru asal Sulut, dibutuhkan fasilitas yang memadai.
“Untuk itu dibutuhkan bantuan pemerintah. Yang utama kita butuhkan adalah akses turun perahu, akan susah bila akses itu belum ada untuk melatih atlet-atlet muda,” ungkap dia sembari menambahkan dibutuhkan juga hamparan pasir.
Bulan Mei mendatang sesuai informasi akan diadakan kejuaraan Asia.
Pada kesempatan itu pula turut hadir atlet nasional perahu layar Micky Sampelan, peraih medali perak PON XIX Jawa Barat 2016, juga atlet internasinal Robert Lasut.* (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY