Telak…Saksi Ahli Tak Berkutik, “Dikuliti’ Petonengan

Sidang Lokasi Kasus Dugaan Tipikor Pembangunan RSJ Ratumbuysang TA 2015

0
147
Sidang Lokasi Kasus Dugaan Tipikor Pembangunan RSJ Ratumbuysang TA 2015.
Sidang Lokasi Kasus Dugaan Tipikor Pembangunan RSJ Ratumbuysang TA 2015.

CINTASULUT.COM,- Sidang lokasi kedua kasus dugaan korupsi pembangunan gedung Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Ratumbuysang di bilangan Sario, Manado akhirnya digelar. Jumat (18/5/2018) siang sekira pukul 13.30 WITA.
Para Majelis Hakim yang diketuai Vincentius Banar, SH. MH, didampingi dua hakim lainnya, yaitu Arkanu SH Mhum dan AdHoc Wenny Nanda, SH, langsung mengunjungi titik-titik yang jadi perdebatan dalam persidangan sebelumnya.
Saat sidang lokasi berlangsung, Penasehat Hukum (PH) Jeverson Petonengan, SH menunjukan titik yang seharusnya terjadi pengerjaan, tapi pada laporan saksi ahli Oscar Hans Kaseke bertuliskan angka nol atau tidak ada pengerjaan.
“Coba saksi tunjukkan, di mana yang tidak ada pengerjaan penambalan?” tanya Petonengan, usai menunjukkan tiang beton yang ternyata ada penambalan.
Lebih lanjut, saksi pun tak bisa menunjukkan fakta letak titik(tiang) yang tidak dilakukan penambalan.
“Ada perbedaan antara lantai 1 dan 2. Web lantai 2 ada selisih,” tutur saksi Kaseke dengan gugup, seraya mengakui ternyata memang ada pengerjaan (penguatan).
Pertanyaan PH berkembang hingga angka Rp900 juta yang disebutkan saksi ahli Kasege di sidang lalu.
“Jadi, angka yang 900 juta itu dapat dari mana? Coba saksi jelaskan,” tanya Petonengan.
Jawaban saksi atas pertanyaan tersebut ngambang. Saksi hanya mampu menyebutkan total titik yaitu 832, tanpa mampu menunjukkan data real yang diminta Penasehat Hukum.
Terpantau, para Majelis Hakim mengecek apa yang jadi perdebatan dalam persidangan lalu hingga ke lantai 2. Sidang pun akan kembali digelar pada Senin (21/5/2018).* (jane)

==========

Tulisan lain:

 

LEAVE A REPLY